Parpol Pendukung 01-02 Apresiasi Pemilu Kondusif di Probolinggo

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Pasca rekapitulasi suara di KPU Kabupaten Probolinggo, sejumlah petinggi Parpol mengapresiasi jalannya Pemilu 2019 yang berlangsung aman dan kondusif serta transparan.

Salah satunya disampaikan langsung oleh Ketua DPC Gerindra Kabupaten Probolinggo Jon Junaidi. Dia tidak menyangka, kalau pelaksanaan pemilu berlangsung aman, kondusif dan transparan. Walaupun kata Jon, sempat ada hal-hal kecil seperti penghitungan ulang.

“Tapi saya rasa itu adalah keteledoran hal yang kecil saja, dan untuk laporan kecurangan tidak pernah melihat dan mendengar,” katanya, Jum’at (03/5/2019) siang.

Dan ketika disinggung saat proses rekapitulasi tingkat kabupaten di KPU, dimana saksi BPN Prabowo-Sandi meninggalkan Kantor KPU sebelum rekap suara selesai. Jon mengaku tidak tahu.

“Untuk saksi Pilpres, itu instruksinya memang dari pusat. Jadi kami tidak tahu kejelasannya seperti apa,” terangnya.

Hal serupa juga diungkapkan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Kabupaten Probolinggo, H Ahmad Rifa’i. Ketua DPD Nasdem Kabupaten Probolinggo ini mengatakan, jalannya Pemilu di Probolinggo terbilang kondusif dan aman.

Ia berharap, masyarakat kembali bergandengan tangan dan bersama-sama menciptakan suasana damai usai perhelatan Pileg dan Pilpres 2019.

“Saya dari TKD menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, yang telah cerdas dalam menggunakan hak pilihnya. Dan harapannya, masyarakat kembali kompak tanpa ada pertikaian,”. paparnya

Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim menyebutkan, kalau partisipasi pemilih dalam pemilu 2019 ini mencapai 85 persen.

“Jumlah partisipasi pemilih untuk datang ke TPS itu mencapai 85 persen dan bisa 90 persen untuk di Kabupaten Probolinggo,”jelas Lukman.

Hal tersebut kata Lukman, melihat dari keunikan TPS yang menyebar di 325 desa dan 5 kelurahan di Kabupaten Probolinggo.

“TPS saja ada yang ber AC dan ada juga yang menyediakan minuman. Alhamdulillah, partisipasi luar biasa,”pungkasnya. (wil/gus).