Pahami Cara Berkendara Motor, Agar #Cari_Aman Saat di Jalan


Surabaya, Kabarpas.com – Sebagai pengguna motor, kita perlu mengetahui cara berkendara motor yang baik. Sebab dengan berkendara yang baik bisa menghindarkan kita dari risiko kecelakaan lalu lintas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berkendara agar selalu #Cari_Aman. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkendara dengan sepeda motor.

Instuktur Safety Riding MPM Honda Jatim, Fendrik Alam memberikan tips #Cari_Aman berkendara di jalan raya.

“Pertama yang wajib diperhatikan yakni pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan yang baik. Lakukan pengecekan pada motor seperti pengecekan bahan bakar, kondisi ban, kondisi rem, dan fungsi lampu. Segera ganti komponen part yang sudah tidak berfungsi agar tetap nyaman dan aman saat berkendara,” kata Fendrik.

Gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, sarung tangan, celana panjang, sepatu dan jaket untuk perlindungan diri dari angin juga sinar ultraviolet.

“Pastikan menggunakan helm yang sudah berstandar SNI lengkap dengan tali pengunci dan kaca pelindung. Jangan lupa pasang kaca spion kendaraan agar terhindar dari resiko benturan dengan kedaraan lain saat berpindah lajur, “ tambah Fendrik

Jangan berkendara di trotoar. Meskipun kondisi jalan sedang macet, jangan gunakan trotoar sebagai jalan pintas akrena trotoar adalah hak para pejalan kaki. Dengan berkendara di trotoar bisa mencelakakan diri sendiri bahkan pejalan kaki dan selalu patuhi rambu lalu lintas.

Jangan pernah menggunakan ponsel saat berkendara seperti melakukan panggilan telepon ataupun dengan memakai headset.

“Penggunaan headset terbukti dapat mengurangi fokus dan konsentraasi saat berkendara. Jika ada panggilan darurat sebaiknya berhenti atau menepi apabila akan menerima panggilan telepon,” terang Fendrik.

Atur waktu perjalanan sebaik mungkin.
Mengatur waktu perjalanaan sangat penting dilakukan, jangan terbiasa pergi dengan terburu-buru. Perhatikan waktu tempuh yang Anda butuhkan sehingga tidak mengganggu serta membahayakan pengendara lain di jalan.

Tentukan jalur yang akan kita lalui dari tempat kita ketujuan, lewat mana saja dan cari informasi tentang jalur tersebut tingkat kepadatan nya dan kondisi jalan nya seperti apa, agar kita bisa menentukan kira- kira waktu perjalanan yang akan kita tempuh, barulah kita bisa menentukan kita berangkat jam berapa seharusnya agar kita tidak terburu-buru atau telat menghadiri suatu acara

Patuhi rambu – rambu lalu lintas. Nyalakan lampu sein ketika hendak belok, menepi atau menyalip kendaraan di depan kita. Gunakan klakson sewajarnya agar tidak membuat kaget dan panik pengguna jalan yang lain. Tidak lupa pahami fungsi fitur yang ada di sepeda motor.

“Selain hal – hal tersebut di atas, pengendara juga perlu perlu menguasai teknik berkendara agar selalu #Cari_Aman saat berkendara seperti slogan berkendara dari Honda. Masyarakat dapat berlatih berkendara di MPM Safety Riding Center,” tandas Fendrik.

MPM Safety Riding Center
MPM Safety Riding Centre tidak hanya untuk melatih para instruktur safety riding Honda, tetapi juga dibuka untuk umum, seperti komunitas, perusahaan, bahkan perorangan sekalipun.

Pelatihan Safety Riding di MPM Safety Riding Center terbuka untuk masyarakat umum dan ditemani oleh 9 Instruktur safety riding yang telah teruji keterampilannya melalui Safety Riding Instructor Training (SIT) dan setiap instruktur dibekali kemampuan seperti pengetahuan dasar, public speaking dan pertolongan pada kecelakaan, mengendarai off road dan big bike, menyusun strategi penyampaian materi safety riding, dan mendesain sebuah training safety riding. Instruktur safety riding MPM Honda Jatim juga berprestasi dan bersertifikat Internasional.

Bagi masyarakat yang ingin memperkaya keterampilan berkendara dengan pengetahuan safety riding di MPM Safety Riding Center, info lebih lanjut bisa akses website di www.mpmsafetyridingacademy.com atau sosial media Instagram @mpmhondajatim. (dit/gus).