Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sisi Lain · 31 Des 2014 23:37 WIB ·

Ngalap Berkah di Haul Alm KH. Abdul Hamid


Ngalap Berkah di Haul Alm KH. Abdul Hamid Perbesar

Oleh : Ilmiatus Solikhah, Panggungrejo

 

(Kabarpas.com) – SANG mentari pagi belum terlihat muncul di ujung timur. Namun, sejumlah ruas jalan di Kota Pasuruan, sejak Rabu (31/12/2014) dini hari tadi, sudah mulai dipadati oleh ribuan jamaah haul Alm. KH. Abdul Hamid yang ke-33.

Para jamaah ini datang dari berbagai daerah kota maupun kabupaten yang ada di tanah air. Kedatangan mereka ini ialah untuk mengirim doa dan tentunya dengan beragam pengharapan yang lainnya.

Tak berbeda dengan ritual haul di makam para wali atau auliya lainnya. Acara haul yang digelar di Pondok Pesantren Salafiyah, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.ini, juga menjadi ajang ngalap berkah bagi ratusan pedagang dadakan dari beberapa daerah di wilayah setempat, yang datang ke acara haul hanya untuk mengelar dagangannya di sepanjang jalan menuju ke lokasi haul.

Terlihat warna-warni mainan dari karet yang diisi udara dengan ditali benang warna putih itu, telah memikat hati anak-anak yang kala itu sedang melihat acara haul. Sontak, si penjual mainan itu dikerumuni ibu-ibu yang menghantar anaknya untuk membelikan mainan.

“Saya sengaja berangkat dari Demak pada Senin malam (29/12/2014) kemarin, yaitu sekitar jam 9 malam. Dan sampai sini jam 9 pagi” ujar Tun penjual jenang dan dodol asal Demak, Jawa Tengah kepada Kabarpas.com.

Tun menjelaskan, bahwa semua jenang dan dodol yang dijualnya itu adalah buatan sendiri, yang ia jual dengan harga yang variatif yaitu dari harga Rp 15 ribu hingga 25 ribu untuk per kilonya.

Begitu juga dengan Nurul Anwar (35), penjual aksesoris jilbab ini juga mengaku, dirinya sudah 15 tahun jualan. Namun, dia baru tahun ini jualan di acara haul ulama yang memiliki kharismatik ini.

Alhamdulillah di haul Alm. KH Abdul Hamid ini, memberikan barokah kepada saya. Sebab, biasanya bisa laku beberapa kerudung, Mbak. Namun, di acara haul ini bisa mencapai lebih dari target yang saya harapkan sebelumnya,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Tun ini diperkuat dengan pernyataan Walikota Pasuruan, Hasani saat memberikan sambutannya di hadapan puluhan ribu jamaah yang hadir dalam acara haul tersebut. “Para pedagang Kota Pasuruan di sini tak bisa lepas dari sosok beliau yang dikenal sangat kharismatik,” pungkasnya. (*/uje).

Artikel ini telah dibaca 37 kali

Baca Lainnya

Muhammad Rizky, Pemuda Asal Pasuruan Terpilih Wakili Jawa Timur di Ajang Duta Inspirasi Indonesia

16 Februari 2024 - 11:10 WIB

Hati Suhita; Kolaborasi Dunia Pesantren dan Falsafah Jawa

14 April 2023 - 14:57 WIB

Cara Unik Pemuda asal Probolinggo Ajak Warga Pelosok Cegah Covid Lewat Buku

25 November 2021 - 06:56 WIB

Sejenak dengan Anisa Azhara, Pelajar Asal Pasuruan yang Terpilih Menjadi Duta Harmoni Nasional

23 November 2021 - 09:56 WIB

Cerita Sukses Juragan Batik Muda Asal Pasuruan

2 Oktober 2021 - 12:16 WIB

Wow, Pria Asal Kota Probolinggo Ini Memiliki Tinggi Badan Mencapai 2 Meter

23 Januari 2021 - 09:35 WIB

Trending di Kabar Probolinggo