KPU Tetapkan Gus Ipul – Adi Wibowo Sebagai Pemenang Pilwali Kota Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pasuruan, menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Adi Wibowo sebagai pemenang dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Pasuruan 2020. Penetapan ini dilakukan dalam acara Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Terpilih dalam Pilwali Kota Pasuruan 2020, yang berlangsung di salah satu hotel di Kota Pasuruan. Jumat (22/01/2021).

“KPU Kota Pasuruan menetapkan paslon nomor urut 01 Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo sebagai pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dalam Pilwali Kota Pasuruan 2020,” ujar Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari.

Dalam Pilwali 2020, Gus Ipul-Adi Wibowo unggul dari rivalnya, dengan perolehan 67% lebih. Pada rekapitulasi suara tingkat kota, Gus Ipul dan Adi Wibowo memperoleh suara sebanyak 73.236 suara atau 67,9 persen. Sedangkan Raharto Teno Prasetyo-M. Hasjim Asjari memperoleh suara sebanyak 34.572 atau 32,0 persen.

Sehingga atas dasar itulah, KPU Kota Pasuruan melaksanakan tahapan selanjutnya yakni penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam Pilwali Kota Pasuruan 2020.

Untuk sekadar diketahui bahwa di Pilwali Kota Pasuruan 2020, pasangan Saifullah Yusuf dan Adi Wibowo diusung oleh lima Parpol yakni PKB, Golkar, PAN, PKS, dan PPP. Sementara pasangan Raharto Teno Prasetyo dan M. Hasjim Asjari diusung oleh 4 Parpol yakni PDI Perjuangan, NasDem, Hanura, dan Gerindra. (Emn/Tin).