Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 15 Jun 2024 11:41 WIB ·

FGD Optimalisasi dan Efisiensi PJU, Dishub Probolinggo Terima Studi Tiru Dishub Kabupaten Nganjuk


FGD Optimalisasi dan Efisiensi PJU, Dishub Probolinggo Terima Studi Tiru Dishub Kabupaten Nganjuk Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo menggelar Forum Group Disscusion (FGD) optimalisasi dan efisiensi Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruang rapat Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Dishub Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari Dishub Kabupaten Probolinggo, Dishub Kabupaten Nganjuk, Dishub Kabupaten Pasuruan, Dishub Kota Pasuruan, Dishub Kota Probolinggo dan Dishub Kabupaten Lumajang.

FGD optimalisasi dan efisiensi PJU ini dirangkai dengan kegiatan penerimaan studi tiru dari Dishub Kabupaten Ngajuk dalam rangka efisiensi tagihan PJU Kabupaten Probolinggo bersama daerah tetangga.

Kepala Dishub Kabupaten Nganjuk Tri Wahju Kuntjoro menyampaikan studi tiru di Kabupaten Probolinggo ini dimaksudkan ingin belajar dan meniru tentang terobosan dari Dishub Kabupaten Probolinggo berupa survei bersama dan meterisasi yang memangkas tagihan PJU hingga turun sangat drastis pada tahun 2021 lalu. Serta ingin mengetahui langkah-langkah apa saja yang dilakukan sehingga bisa melakukan survei bersama dengan pihak PLN.

“Kunjungan studi tiru kali ini adalah yang paling berkualitas dan memberikan manfaat paling besar karena materi yang disajikan dan diskusi yang dilakukan berkualitas dan berbobot. Tentunya kami dari Dishub Kabupaten Nganjuk sangat senang sekali karena memperoleh ilmu-ilmu yang bermanfaat,” ujarnya.

Sementara Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengucapkan selamat datang kepada rombongan Dishub Kabupaten Nganjuk serta Dishub daerah tetangga. “Dishub Kabupaten Probolinggo memang menginisiasi pertemuan FGD untuk dapat berdiskusi dan sharing knowledge bersama Dishub-Dishub daerah lain agar dapat saling memberikan saran masukan dalam rangka efisiensi biaya tagihan PJU,” katanya.

Edy juga menyampaikan tentang beberapa inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Dishub Kabupaten Probolinggo diantaranya Dishub Sahabat Camat, Cahaya 99, Uji KIR Portabel, Uji Emisi Kendaraan Dinas dan pelatihan jurnalistik bagi pejabat eselon di Dishub Kabupaten Probolinggo. “Ke depan akan dicoba untuk pejabat Dishub Kabupaten Probolinggo mengikuti podcast di Radio Bromo FM,” jelasnya.

Menurut Edy, inovasi Dishub Sahabat Camat yang dibranding dengan nama Dishub Teramat SIP (Dishub Tretan Camat Selalu Siap Inisiatif dan Profesional) menjadi media penghubungan antara masyarakat melalui kecamatan dengan Dinas Perhubungan yang dapat menampung semua permasalahan perhubungan yang ada di wilayah.

“Kami berharap selain tetap mempererat tali silaturahmi antar Dishub tetangga melalui kegiatan ini juga dapat selalu bekerja sama dalam menyelesaikan setiap permasalahan di bidang perhubungan,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan paparan terkait efisiensi tagihan PJU melalui survei bersama di Kabupaten Probolinggo oleh Kasi Pemeliharaan Sarana Prasarana Dishub Kabupaten Probolinggo Sigit Wida Hartono. “Permasalahan yang dialami oleh setiap kabupaten/kota rata-rata sama yakni terkait dengan tagihan PJU taksasi yang sangat besar,” ungkap Sigit.

Sigit memaparkan pada tahun 2021, Dishub Kabupaten Probolinggo berhasil menurunkan tagihan rekening PJU yang semula Rp 2,3 miliar menjadi Rp 900 juta. Namun tentunya hal ini bukan akhir dari upaya yang akan dilakukan Dishub Kabupaten Probolinggo.

“Setelah penurunan melalui survei bersama ini, selanjutnya perlu dilakukan meterisasi atau pemasangan box meteran pada PJU abonemen/taksasi sehingga tagihan PJU di Kabupaten Probolinggo bisa turun lagi,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga disepakati bahwa akan istikhomah kedepan untuk terus mengadakan pertemuan-pertemuan serupa agar bisa bersama-sama mengatasi segala permasalahan yang dihadapi. Kesepakatan ini dituangkan dalam sebuah berita acara. (Len/Gus).

Artikel ini telah dibaca 15 kali

Baca Lainnya

Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Pasuruan Ajak Ormas Islam Serukan Bahaya Judi Online

24 Juli 2024 - 18:50 WIB

Gus Ipul Ajak Kepala Sekolah hingga Orang Tua Deklarasi Sekolah Aman 

24 Juli 2024 - 12:41 WIB

MPM Honda Jatim Kenalkan #cari_aman Pada Guru PG TK 

24 Juli 2024 - 11:38 WIB

Diperta Probolinggo Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas Bahan Baku Tembakau Melalui GHP

24 Juli 2024 - 08:29 WIB

Peringati HAN, RSUD Waluyo Jati Berikan Penyuluhan dan Pola Asuh Anak

23 Juli 2024 - 21:16 WIB

Dua Komplotan Maling Spesialis Mobil Pikap di Pasuruan Ditangkap

23 Juli 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita Pasuruan