Cerita Sukses Juragan Batik Muda Asal Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – Di usianya yang masih tergolong belia,22 tahun. Syarifatul Isti Inayah, warga Kelurahan/ Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan saat ini sukses menjadi juragan batik tulis asal kota setempat.

Ditemui di tengah kesibukannya yang saat ini menjadi mahasiswi semester akhir di Uniwara-STIT PGRI Pasuruan. Isti sapaan akrab wanita berhijab ini pun menceritakan awal mula ia menggeluti batik tulis tersebut.

“Awalnya pada tahun 2012-2013 saya mulai belajar membatik bersama sang ibu. Dan pada tahun 2014-2015 mulailah merintis dan belajar untuk usaha batik,” ungkap putri partama dari Akhmad Saikhu dan Sumini itu.

“Kemudian di tahun 2016 saya niat membulatkan tekad, bismillahirrahmanirrahim dengan izin Allah saya membuka dan mendirikan UKM Batik Tulis Inayah,” sambungnya kepada Kabarpas.com.

Pada tahun 2017, lanjut Isti. dirinya mengurusi semua persyaratan ijin usaha termasuk NPWP dan sebagainya. Dan berkat keseriusannya, usaha Batik Tulis Inayah hingga sekarang terus berjalan dan makin berkembang.

“Jadi Batik Tulis Inayah ini memang usaha yang sudah dipatenkan menjadi UKM yang memiliki ijin usaha dan nomor usaha selayaknya UKM lainnya,” ungkapnya.

Isti mengaku memutuskan usaha ini karena ingin membantu perekonomian keluarga.

“Menurut saya peluang membuat batik masih besar, apalagi di Kota Pasuruan. Sebab, di Kota Pasuruan pengrajin batik ini hanya 5 pengrajin termasuk Batik Tulis Inayah,” pungkasnya. (ida/wan).