Bentengi Remaja dari Faham Ekstrim dan Radikal, PCNU Kota Pasuruan Gelar Dauroh Muslim Milenial

Pasuruan, Kabarpas.com – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan kembali menggelar beragam kegiatan menarik selama bulan suci ramadan.  Namun, kali ini ada yang lebih istimewa dengan kegiatan ramadan di tahun sebelumnya. Ya, di tahun ini PCNU Kota Pasuruan menggelar kegiatan positif bertajuk “Dauroh Muslim Milenial”.

“Sesuai dengan namanya, Dauroh Muslim Milenial adalah salah satu program kajian yang diadakan oleh PCNU Kota Pasuruan untuk memberikan salah satu solusi ummat, utamanya di kalangan muslim milenial supaya dapat terhindar dari pikiran radikal pengaruh dari media sosial yang ada, serta untuk meneguhkan muslim milenial tetap teguh memiliki jiwa nasionalisme,” ujar Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Pasuruan, KH. M. Nailur Rochman kepada Kabarpas.com.

Selain itu, ulama muda yang dikenal multitalenta ini menjelaskan, kegiatan Dauroh Muslim Milenial menyasar kaum milenial mulai dari usia 17 hingga 25 tahun. Di antaranya mulai dari kalangan pelajar / santri, mahasiswa, dan aktivis.

“Nantinya para peserta Dauroh Muslim Milenial akan diberi materi tentang Ke-Islaman yang meliputi pentingnya memiliki ketauhidan yang benar, beribadah secara benar (bermadzhab) dan berakhlak; Mengenal Aswaja sebagai Firqoh Najiyah yang menyelamatkan umat dari bid’ah dan kesesatan kelompok-kelompok lain (Khawarij, Mu’tazilah, Qadariyah, Jabariyah, dll.),” ujarnya.

Yang menarik lagi, para peserta juga akan diberi materi tentang Ke-Indonesia-an yang meliputi pemahaman mengenai Pancasila dalam perspektif Fikh Kebangsaan, Kesalahpahaman dalam memahami khilafah dan memaknai jihad.  Serta materi Kepemimpinan dan Manajemen organisasi.

“Kegiatan ini akan digelar sebanyak 3 angkatan selama bulan suci ramadan,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Ditambahkan, pelaksanaan kegiatan Dauroh Muslim Milenial ini akan dimulai dari angkatan pertama yaitu pada Jumat, 23 April 2021, angkatan kedua pada Sabtu, 24 April 2021. Dan untuk angkatan 3 pada Minggu, 25 April 2021.

“Seluruh kegiatan Dauroh Muslim Milenial, mulai dari angkatan pertama hingga terakhir akan dilaksanakan di Kantor PCNU Kota Pasuruan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang cukup ketat,” pungkasnya. (***/hib).