Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sisi Lain · 30 Sep 2015 22:34 WIB ·

Bawa Water Canon, Polres Pasuruan Bagi-bagi Air Bersih untuk Warga


Bawa Water Canon, Polres Pasuruan Bagi-bagi Air Bersih untuk Warga Perbesar

Oleh: Abu Avzalea

Pasuruan (Kabarpas.com) – PARA warga Desa Cukur Guling, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan mendadak kaget. Saat sebuah mobil water canon yang biasanya digunakan petugas kepolisian, untuk menghalau para demonstran. Tiba-tiba masuk ke perkampungan mereka. Rabu, (30/09/2015).

Namun, setelah mengetahui kalau kedatangan mobil tersebut, untuk membagikan air bersih secara gratis. Warga pun langsung berbondong-bondong membawa jerigen air milik mereka, menuju ke dekat mobil water canon itu, untuk antre demi mendapatkan air bersih.

Dengan tertib, para warga ini rela sabar mengantre dan berbaris untuk menunggu giliran mengisi air bersih, yang sengaja dibawa oleh petugas dari Polres Pasuruan, di dalam water canon berkapasitas 6000 liter tersebut

“Ini merupakan wujud sumbangsih dan bentuk kepedulian kami dalam membantu warga, yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih,” jelas Kapolres Pasuruan, AKBP Soelistijono, melalui Kasat Sabhara AKP Firman kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi.

Seperti diketahui, bila musim kemarau tiba, sebagian wilayah di Kabupaten Pasuruan mengalami krisis kekurangan air bersih. Pihak Pemkab Pasuruan pun telah menyuplai air bersih setiap hari secara bergantian ke seluruh desa yang mengalami kekeringan.

Akan tetapi, karena luasnya wilayah Kabupaten Pasuruan dan keterbatasan truk tangki yang digunakan untuk menyuplai air bersih. Membuat sebagian warga masih saja kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Khodijah, (31) salah satu warga sekitar mengaku bersyukur dan berterima kasih dengan adanya bantuan air bersih yang telah diberikan oleh pihak Polres Pasuruan tersebut. Sebab menurutnya, sudah dua bulan ini dirinya beserta warga lainya susah mendapatkan air bersih.

“Sudah dua bulan ini kami kesulitan mendapatkan air bersih. Sumur-sumur mengering, dan sungai pun sangat jauh. Kami berterima kasih sekali sama bapak-bapak polisi ini yang mau membagikan air bersih ke sini,” ucap perempuan berkerudung itu kepada Kabarpas.com.

Untuk membantu warga tersebut, pihak Polres Pasuruan akan menyuplai air bersih secara bergantian setiap semingu sekali di setiap desa yang mengalami kekeringan.

“Untuk hari ini ada 6000 liter air bersih yang kami bawa ke sini. Air tersebut kami ambil dari sumber yang ada di Winongan,” ujar suami dari Kades Karangsentul itu, yang saat itu memimpin proses pendistribusian air bersih di wilayah Lumbang. (***).

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Muhammad Rizky, Pemuda Asal Pasuruan Terpilih Wakili Jawa Timur di Ajang Duta Inspirasi Indonesia

16 Februari 2024 - 11:10 WIB

Hati Suhita; Kolaborasi Dunia Pesantren dan Falsafah Jawa

14 April 2023 - 14:57 WIB

Cara Unik Pemuda asal Probolinggo Ajak Warga Pelosok Cegah Covid Lewat Buku

25 November 2021 - 06:56 WIB

Sejenak dengan Anisa Azhara, Pelajar Asal Pasuruan yang Terpilih Menjadi Duta Harmoni Nasional

23 November 2021 - 09:56 WIB

Cerita Sukses Juragan Batik Muda Asal Pasuruan

2 Oktober 2021 - 12:16 WIB

Wow, Pria Asal Kota Probolinggo Ini Memiliki Tinggi Badan Mencapai 2 Meter

23 Januari 2021 - 09:35 WIB

Trending di Kabar Probolinggo