Amankan Natal dan Tahun Baru, Polres Probolinggo Dirikan 5 Pos

Probolinggo (Kabarpas.com) – Pihak Kepolisian Resort Probolinggo mendirikan 5 Pos, yang meliputi 4 Pos pengamanan (Pam) dan 1 Pos pantau untuk perayaan Natal dan tahun baru tahun 2016. Kelima Pos tersebut disebar di sejumlah titik di wilayah hukum Polres setempat. Selasa, (22/12/2015).

Empat pos pengamanan itu di dirikan di Jalur lingkar selatan wilayah Tegalsiwalan, Wisata Pantai Bentar Gending, Alun-alun Kota Kraksaan serta di Desa Binor Kecamatan Paiton.

“Sedangkan untuk 1 Pos pantau, di bangun di jalur Black Post,  tepatnya di kawasan Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu atau Kilometer 111,” ujar Kapolres Probolinggo AKBP Iwan Setyawan Melalui Kabag Ops Polres Probolinggo Kompol Budi Sulistyono.

Menurutnya, pendirian pos pengamanan tersebut, yaitu untuk mengamankan  jalur kepadatan transportasi yang ada di 4 titik tersebut. Sebab, pada musim-musim tertentu seperti musim liburan, pihaknya memastikan akan terjadi kepadatan kendaraan. “Pos itu akan mulai kami tempati mulai Rabu (23/12/2015) besok sampai 5 Januari mendatang,” imbuhnya.

Ia mengatakan, pendirian titik pos itu, juga untuk memantau arus lalu lintas yang ada di wilayah Hukum Polres Probolinggo supaya bisa berjalan dengan tertib. Dari berbagai pengalaman, saat perayaan, arus lalu lintas biasanya semakin padat. Hal itu juga bertepatan dengan agenda libur panjang.

Kompol Budi mengatakan, selain menjaga arus lalu lintas, polisi juga memperketat pengamanan demi mencegah hal yang tidak diinginkan seperti tindak kriminal. Petugas akan melakukan patroli rutin di setiap titik wilayah hukumnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, para pelaku tindak kejahatan membuat sandi khusus untuk mengganggu keamanan dan ketertiban. Walaupun di Probolinggo belum ada laporan, petugas tetap siaga agar tidak ingin kecolongan. “Untuk tingkat kerawanan, secara umum Probolinggo relatif kondusif. Namun, kami tetap lakukan pengamanan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Probolinggo akan menerjunkan seluruh kekuatan personel yang nantinya akan ditempatkan di seluruh wilayah hukum Polres Probolinggo. Selain di pos polisi, mereka juga akan diterjunkan di seluruh gereja yang ada di daerah tersebut.

“Dari laporan yang masuk, di wilayah hukum Polres Probolinggo sendiri yang terdapat di Kota Kraksaan terdapat 3 gereja. Dan anggota kami sudah disiapkan untuk ikut berjaga mengamankan perayaan Natal dengan tertib,” pungkasnya. (sam/tin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *