Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Terkini · 18 Des 2023 12:55 WIB ·

Work Life Balance 


Work Life Balance  Perbesar

Oleh: Gagah Prasofi Rahmatulloh, S.E., M.M

 

KABARPAS.COM – HALLO kawan, gimana kabar hari ini ? Tentunya luar biasa bukan ? Luar biasa bergairah atau luar biasa capeknya ? Tentunya kabar terbaik dari teman teman semuanya !!!

Pekerjaan sehari hari kita tentunya sangat berwarna bagi kita semua tentunya. Sebagian dari kita ada yg sangat workaholic, bekerja sewajarnya dan apa mungkin ada yg burnout.  Apakah teman teman tau ? Bahwa dari penelitian Health On Demand 2023 by Marsh MC Lennon menerangkan bahwa Indonesia memiliki presentasi sebesar 26% tingkat stress kerja dan merupakan terendah dibawah rata2 nilai di Asia sebesar 44%. Sedangkan menurut data review oleh CNN Indonesia Agustus 2021 indeks Burnout memiliki prosentase 77,3 %.

Kawan, tingkat stres kerja dan burnout adalah hal yg lazim terjadi pada setiap pekerja tetapi tau kah kawan terdapat pola yg mungkin bisa mengatasi hal diatas, yaa hal itu adalah Pola Work Life Balance. Apa itu work life balance? Menurut Brough Et Al 2014 work life balance diartikan persepsi individu dimana aktivitas dalam pekerjaan dan kehidupan non kerja dapat berjalan bersama dan mendorong pertumbuhan pribadi. Kemudian menurut Delecta 2011 menyatakan work life balance merupakan persepsi individu terhadap keselarasan aktivitas pekerjaan dan non pekerjaan secara Umum .

Dari pernyataan di atas kita dapat simpulkan ya secara garis besar Work Life Balance adalah suatu keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan pribadi serta sama memberi kontribusi positif diantaranya. Yaaa terlalu gula kerja juga bisa tipes, terlalu fokus hal pribadi juga negatif ke pekerjaan, karena kita hidup dari pekerjaan. Memberikan yg terbaik untuk profesi kita dalam pekerjaan dan mengembangkan potensi pribadi seperti olahraga, kesenian dan aktivitas lainnya tentunya akan lebih bermanfaat.

Pola Work Life Balance ini juga diterapkan oleh beberapa Tokoh Ternama lho, ada Elon Musk dengan kebiasaan menjaga pola tidur 7 jam sehari dan mendengarkan musik saat bekerja, Mark Zuckeberg dengan hobi JiuJitsu nya dan tergolong beprestasi kemudian Jeff Besos yang meluangkan waktu selasa dan kamis untuk berlibur dan mengamati konsumen amazon.

Sewajarnya kita harus menjaga kualitas dan prestasi pekerjaan kita dan tentunya potensi diri kita diluar itu juga harus diupgrade !!. Menjadi suatu hal yg bisa membooster diri ketika di pekerjaan melakukan hal maksimal dan hobi atau aktivitas ekstrakurikuler kita juga bermakna dan lebih lebih jika menjadi suatu prestasi juga.

Adapun manfaat dari WorkLife Balance antara lain : Fisik dan Mental yg sehat, Produktifitas meningkat, Stress Berkurang,Meningkatkan Relasi Baik

Balance itu susah tapi akan lebih parah jika berat sebelah, Yok Kawan Semangat dalam Mewujudkan Work Life Balance Versi kalian masing2 !!!!. (***).

 

______________________________________________

* tentang Gagah Prasofi Rahmatulloh, S.E., M.

– 1st CSR Mikro  NFC Mandiri Area Malang 2022.

– 2nd Kejurprov Taekwondo Jatim 2023 Senior Class 87kg

– 1st National Management Olympiade 2016.

 

Artikel ini telah dibaca 48 kali

Baca Lainnya

Senator Evi Zainal Abidin Sebut Koperasi sebagai Pilar Penting Perekonomian Nasional

22 Juli 2024 - 14:56 WIB

Operasional Pemulangan Berakhir, 62 Jemaah Masih Dirawat di Rumah Sakit Saudi

22 Juli 2024 - 14:31 WIB

Tutup Rangkaian Parade Vario160, Diikuti Total 5.000 Pecinta Honda Vario

22 Juli 2024 - 11:10 WIB

Warga Pesisir Kota Pasuruan Kembali Gelar Petik Laut

21 Juli 2024 - 23:38 WIB

Wali Kota Pasuruan Mancal Bareng Komunitas Sepeda Tua Jawa Timur

21 Juli 2024 - 22:05 WIB

Kembang Kuning

21 Juli 2024 - 21:57 WIB

Trending di Cerpen