Waspada! Jalur Menuju Wisata Bromo di Probolinggo Ambles

Probolinggo, kabarpas.com – Jalur kawasan menuju wisata Gunung Bromo ambles dan pondasi longsor ke dasar jurang.  Jalan ambles ini terjadi di Dusun Jurang Perahu, Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. 

Terpantau jalan amblas menuju wisata Bromo ini terdapat 4 Titik. 3 di antaranya di Desa Wonokerto dan sisanya di Desa Sapikerep.

 “Untuk jalan ambles  sepanjang 5 meter dan lebar 3 meter ini terjadi di Dusun Jurang Perahu, dan  3 lainya nyaris ambles,” ujar Kevin kepada wartawan Kabarpas.com biro Probolinggo. Selasa (20/4/2021).

Kevin menambahkan, amblesnya jalan ini diperkirakan terjadi sejak sebulan lalu, akibat hujan deras semalaman dan pondasi jalan longsor mengakibatkan jalan aspalan ambles kurang lebih  30 centi meter.

Dinas PUPR setempat sudah memberi tanda atau rambu-rambu di titik-titik tersebut dengan garis  pita dan kantong pasir agar tidak membahayakan pengguna jalan atau wisatawan yang hendak ke Bromo.

“Sudah beri tanda agar tidak berbahaya bagi pengguna jalan atau wisatawan yang hendak ke Gunung Bromo,“ tambahnya.

Pada malam hari, jelas Kevin, pengendara diharapkan lebih berhati-hati karena jalan berkelok dan gelap, dikhawatirkan  pengendara terperosok.

“Kalau warga di sini sudah paham, yang rawan adalah wisatawan, diharapakan untuk mobil harus bergantian. Diperkirakan sebentar lagi jalan ambles ini akan diperbaiki karena sudah di survey oleh petugas tapi belum jelas kapan pelaksanaanya,” terangnya.

Hingga berita ini ditayangkan, masih belum ada pernyataan resmi dari otoritas terkait kapan perbaikan jalan amblas menuju wisata Gunung Bromo diperbaiki. (wil/gus).