Wabup Gus Mujib Minta Pemprov Jatim Normalisasi Sungai di Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – Akibat meluapnya 4 aliran sungai di Kabupaten Pasuruan, membuat sejumlah desa di 6 Kecamatan terendam banjir sejak kemarin. Untuk itulah, Wakil Bupati Pasuruan, KH. Mujib Imron (Gus Mujib) meminta kepada pihak Pemprov Jatim agar normalisasi sungai di Kabupaten Pasuruan.

Ketika ditemui Kabarpas.com saat mengunjungi korban banjir. Wabup Gus Mujib mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Pasuruan tidak mempunyai wewenang penuh untuk menormalisasi aliran sungai besar yang rawan banjir. Menurutnya, sungai-sungai besar di Kabupaten Pasuruan merupakan wewenang dari Pemprov Jatim.

“Karena Kabupaten Pasuruan tidak punya kewenangan untuk sungai-sungai di wilayah Gempol hingga Raci ke timur. Dinas Pengairan Kabupaten Pasuruan harus koordinasi dengan Dinas Pengairan dan SDA dari Provinsi lebih dulu untuk menanganinya,” ungkapnya.

Wabup Gus Mujib juga mengungkapkan bahwa akibat banjir yang melanda selama dua hari berturut-turut, menyebabkan sejumlah infrastruktur di Kabupaten Pasuruan mengalami kerusakan dan harus segera dibenahi.

“Ada infrastruktur yang perlu dibenahi, masuknya satu paket program kemarin dari Provinsi kamu melalu Dinas PU SDA. Kami juga menurunkan alat berat untuk ini juga normalisasi sungai. Beberapa plengsengan juga perlu dibangun,” terangnya.

Selain itu, Gus Mujib mengatakan demi mengantisipasi potensi korban jiwa akibat banjir, Gus Mujib menghimbau kepada warga untuk lebih mengawasi anak-anaknya ketika musim hujan.

“Orang tua diharapkan berhati-hati anak-anak jangan diperbolehkan bermain di luar apabila suasana sedang mendung,” pungkasnya. (emn/ida).