Viral Video Angin Puting Beliung Bikin Warga Panik

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Beredar postingan detik-detik terjadinya angin puting beliung di grup media sosial facebook Info Lantas dan Kriminal Probolinggo ( ILKP).

Video berdurasi 0.18 detik ini diposting 3 jam lalu dan sudah dilike dan komen serta dibagikan ratusan kali.

Dalam video tersebut terekam, angin puting beliung menerbangkan sampah-sampah plastik, dan seorang dengan santainya lalu lalang dekat angin yang berputar tersebut, dan beberapa warga panik sambil menyebut nama Allah SWT.

Pemilik akun Yani Mulyani mendiskripsikan, kejadian tersebut terjadi pada hari Minggu (20/9/2020). Di depan pasar Pajarakan. Kabupaten Probolinggo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga membenarkan kejadian tersebut.

“Angin puting beliung ini biasa disebut warga Probolinggo angin lak palak taon, dan itu berbahaya, untung saja yang diposting di medsos tergolong kecil,” ujar Sugeng kepada Kabarpas.com. Senin (21/9/2020).

Sugeng menambahkan, Saat ini Probolinggo memang kemarau basah, dan video rekaman angin tersebut setelah redah hujan, kemudian angin puting beliung tersebut terjadi “Untung saja angin tersebut kecil dan tidak ada kerusakan material dan korban jiwa,” terangnya.

“Dihimbau kepada masyarakat, bila menjumpai hendaknya jangan panik dan mendekat, carilah tempat aman dan jangan berlindung di bawah pohon,” tambahnya. (wil/gus).