Tugu Insurance Raih Penghargaan TSJL Awards 2022 Berkat Komitmennya Jalankan Program CSR

Pasuruan, Kabarpas.com – Bagi mereka yang bekerja di perusahaan besar, tentu sudah tidak asing lagi dengan dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility, lalu bagaimana bagi perusahaan menengah maupun kecil? mungkin beberapa masih belum yang mengetahui apa itu CSR? Singkatnya, CSR adalah sebuah tindakan yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat yang tinggal disekitar lokasi perusahaan.

Program CSR yang dibuat oleh perusahaan biasanya terfokus pada tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan berkelanjutan. Tindakan Corporate Social Responsibility memasukkan kepedulian lingkungan dan sosial ke dalam bisnis perusahaan. Dengan begitu, paling tidaknya perusahaan dapat mengurangi jejak negatif mereka di mata masyarakat. Biasanya ide ini dibuat dari departemen hubungan masyarakat atau langsung dari pimpinan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan menginformasikan secara lengkap Pengertian CSR, Model, Tujuan, Manfaat, Bentuk, dan Contohnya.

Pengertian CSR (Corporate Sosial Responbility)

CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat atau lingkungan sekitar perusahaan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Contoh program CSR yang dilakukan oleh perusahaan seperti memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, sumbangan untuk membangu desa yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat, sumbangan dana untuk pemeliharaan fasilitas umum. Dan kegiatan sosial lainnya.

CSR adalah sebuah strategi yang dilakukan perusahaan dalam mengakomodasi kepentingan dari stakeholdernya. CSR menjadi program yang sangat baik untuk jangka panjang perusahaan, dimana perusahaan yang dapat bertahan dalam waktu jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

Saat ini berbagai perusahaan berusaha untuk melakukan beragam kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TSJL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) untuk dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Tanggung jawab tersebut semakin nyata di tengah situasi pandemi Covid-19 yang melanda dunia dalam 2 tahun ke belakang.

Tugu Insurance menjadi salah satu perusahaan yang mewujudkan tanggung jawab tersebut. Atas kontribusinya melalui kegiatan CSR yang dinamakan “Bakti Tugu”, Perseroan mendapatkan apresiasi dan penghargaan “Indonesia TSJL Awards 2022 in Insurance Sector Industry” dari The Iconomics.

“Bakti Tugu” itu sendiri berfokus pada empat program utama. Program-program tersebut diantaranya adalah Program Kesehatan dan Keselamatan, Lingkungan Hidup, Pendidikan dan Literasi Keuangan, serta Pemberdayaan Masyarakat. Selama tahun 2021, lebih dari 17.000 orang dari berbagai kelompok masyarakat yang berpatisipasi dan mendapatkan manfaat dari kegiatan “Bakti Tugu”.

Beberapa kegiatan besar “Bakti Tugu” yang telah dilakukan adalah berupa pelestarian hutan dan pemberdayaan petani, ambulance gratis, sentra vaksinasi Covid 19, pelatihan dan pemberdayaan untuk Insan Berkemampuan Khusus (IBK), dan program Adopsi pohon.

Dalam program pelestarian hutan, Tugu Insurance telah berhasil merehabilitasi lebih dari 56 hektar area hutan dan lahan kritis yang berada di Cianjur Jawa Barat. Dengan harapan, selain dapat menyerap karbon, pohon-pohon tersebut dapat memberi manfaat ekonomi pada petani dalam menjaga hutan, sekaligus pula mengurangi ancaman banjir ke wilayah Jakarta dan sekitarnya.
Apresiasi ini tentunya menjadi pendorong bagi Tugu Insurance untuk terus berkontribusi di tengah masyarakat. Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan oleh perseroan akan bisa semakin bermanfaat ke depannya.