Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

KABAR NUSANTARA · 23 Des 2023 08:37 WIB ·

Torehkan Sejarah, UIN Jakarta Kukuhkan 16 Guru Besar Perempuan


Torehkan Sejarah, UIN Jakarta Kukuhkan 16 Guru Besar Perempuan Perbesar

Jakarta, Kabarpas.com — Bertepatan dengan peringatan Hari Ibu yang jatuh di setiap tanggal 22 Desember, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengukuhkan 16 Guru Besar atau Profesor perempuan. Pengukuhan dilaksanakan di Auditorium Harun Nasution Kampus I.

Kehadiran 16 Guru Besar baru dari kalangan perempuan kian menegaskan UIN Jakarta sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan jumlah Guru Besar terbanyak, termasuk Guru Besar perempuan.

Data yang dirilis Pusat Informasi & Humas pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyebutkan ke-16 Guru Besar perempuan yang dikukuhkan memiliki kepakaran bidang ilmu yang beragam, mulai dari ilmu keagamaan Islam, pendidikan, bahasa, sains, psikologi, kesehatan, dan lingkungan. Selain itu, ke-16 guru besar ini merupakan bagian dari 43 guru besar yang dikukuhkan secara bertahap sejak November hingga Desember 2023 ini.

16 guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Dzuriyatun Toyibah M.Si M.A. (Ilmu Sosiologi), Prof. Dr. Fadhilah Suralaga M.Si. (Ilmu Psikologi Pendidikan), Prof. Dr. Megga Ratnasari Pikoli M.Si (Ilmu Mikrobiologi Lingkungan), Prof. Hoirun Nisa M.Kes Ph.D. (Ilmu Epidemiologi). Lalu, Prof. Siti Nurul Azkiyah M.Sc Ph.D (Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris), Prof. Iim Halimatusa’diyah M.A. Ph.D. (Ilmu Sosiologi Pembangunan), Prof. Dr. Sururin M.A. (Ilmu Pendidikan Islam), dan Prof. Dr. Zahrotun Nihayah M.Si (Ilmu Psikologi).

Selanjutnya, Prof. Dr. Nur Inayah M.Si (Ilmu Matematika), Prof. Dr. Darsita S. M.Hum (Ilmu Linguistik), Prof. Dr. Zilhadia M.Si Apt. (Ilmu Analisis Farmasi), Prof. Maila Dinia Husni Rahiem M.A. Ph.D. (Ilmu PAUD dan Kesejahteraan Sosial), Prof. Dr. Ir. Siti Rochaeni M.Si (Ilmu Manajemen Agraria), Prof. Dr. Rena Latifa M.Si (Ilmu Psikologi Agama), Prof. Dr. Hendrawati M.Si (Ilmu Kimia Lingkungan), dan Prof. R. Yani’ah Wardani M.Ag (Ilmu Bahasa Arab).

Terpisah, Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar MA Ph.D mengungkapkan kebanggaan sekaligus apresiasinya atas pengukuhan para Guru Besar baru ini. “Pengukuhan para guru besar baru ini mencerminkan komitmen UIN Jakarta dalam pengembangan sumber daya pengajar berkualitas serta mendorong riset, pendidikan, pengajaran, dan pengabdian sosial yang lebih kuat,” katanya.

Kehadiran mereka, sambungnya, akan kian mengokohkan peran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada keunggulan akademik berbasis integrasi keilmuan. “Kehadiran mereka akan menjadikan UIN Jakarta semakin kuat sebagai pusat keunggulan akademik, tempat di mana penelitian inovatif, pengajaran berkualitas, dan pengabdian kepada masyarakat dapat terus berkembang,” imbuhnya.

Hal lain yang membanggakan, tambahnya, ke-16 Guru Besar yang dikukuhkan merupakan para Guru Besar perempuan. Selain memperkuat keunggulan akademik, kehadiran mereka juga menempatkan UIN Jakarta kini sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKIN) terbanyak Guru Besar perempuan.

“Pengukuhan mereka menjadikan representasi kelompok perempuan dalam dunia akademik perguruan tinggi keagamaan Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta makin terwakili,” imbuhnya.

Ketua Senat UIN Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada MA, juga turut menyampaikan apresiasi atas pengukuhan para Guru Besar baru dari berbagai bidang ilmu. Menurut dia, kehadiran para Guru Besar baru ini mencerminkan prestasi membanggakan UIN Jakarta.

“Prestasi ini tidak hanya mencerminkan kecemerlangan individu, tetapi juga mencerminkan kualitas dan keunggulan UIN Jakarta dalam menghasilkan intelektual dan pemimpin akademik terdepan,” katanya.

Selaku Wakil Rektor bidang Akademik, Prof. Dr. Ahmad Tholabi Kharlie SH MH turut menyampaikan apresiasi atas pengukuhan para Buru Gesar baru perempuan ini. “Terlebih para guru besar yang dikukuhkan merupakan para Guru Besar perempuan. Semoga ini makin menguatkan UIN Jakarta dalam mendorong keterwakilan perempuan dalam dunia akademik pendidikan tinggi,” pungkasnya.

Diketahui, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sepanjang November-Desember ini telah pengukuhan 43 Guru Besar baru dalam berbagai bidang ilmu, mulai dari keagamaan hingga sains dan kedokteran. Pengukuhan ini menjadikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam dengan Guru Besar terbanyak.

Diketahui, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dengan 12 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana. Kedua belas fakultas itu adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Dirasat Islamiyah.

Selanjutnya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Selain program sarjana, magister, dan doktor, jenjang pendidikan yang ditawarkan adalah program studi profesi. (rls/gus).

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

MTQ Dan Festival Seni Qasidah ke-55 Kecamatan Simpang Empat Resmi Ditutup

1 Maret 2024 - 19:21 WIB

Disporapar Probolinggo Berikan Sosialisasi Pendaftaran HKI

1 Maret 2024 - 19:07 WIB

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Trending di Kabar Probolinggo