Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 4 Jul 2023 16:27 WIB ·

Tingkatkan Pelayanan Publik, Disdukcapil Probolinggo Gelar Forum Konsultasi Publik


Tingkatkan Pelayanan Publik, Disdukcapil Probolinggo Gelar Forum Konsultasi Publik Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) di ruang pertemuan Bentar Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, Kepala Disdukcapil Munaris, OPD, Camat, perwakilan kepala desa, akademisi dari AMIK dan UPM, perwakilan LSM, wartawan, Forum Disabilitas, Forum Anak, TP PKK Kabupaten, Karang Taruna dan lainnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan sesuai Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik disebutkan bahwa harus ada pelibatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dan koordinasi antara pemerintah dan masyarakat.

“Hal ini dilakukan agar pelayanan publik khususnya pelayanan administrasi kependudukan dapat terselengggara dengan baik karena sesuai dengan keinginan dan harapan masyarakat,” katanya.

Menurut Heri, FKP adalah sebagai wadah partisipasi dan koordinasi antara masyarakat sebagai pengguna layanan. “Sedangkan aparatur pemerintah sebagai penyelenggara layanan agar pelayanan Disdukcapil semakin baik dan sesuai dengan harapan masyarakat,” jelasnya.

“Dalam FKP ini ada beberapa usulan dari peserta diantaranya perlunya peningkatan sarpras yaitu pembaruan dan penambahan alat rekam KTP El di kecamatan, peningkatan sosialisasi adminduk, peningkatan jaringan internet di kecamatan dan desa-desa untuk mendukung layanan adminduk, perlunya penambahan petugas layanan, pelayanan Disdukcapil agar lebih inovatif dan menyesuaikan dengan kondisi masyarakat dan beberapa usulan lainnya,” tambahnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Kabupaten Probolinggo Munaris menyampaikan bahwa usulan-usulan tersebut sangat bermanfaat dan akan dikoordinasikan dengan OPD terkait dan sebagai masukan dalam menyusun kebijakan pelayanan adminduk ke depan.

“Sebagaimana hasil FKP tahun 2021 yang salah satunya ada usulan perbaikan ruang tunggu yang sebelumya di tempat terbuka pada saat ini sudah dipenuhi menjadi ruangan tertutup dan ber-AC,” ungkapnya. (len/ian).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Hari Bhakti Adhyaksa ke-64, Kejari Gelar Senam Bersama dan Pasar Murah

20 Juli 2024 - 16:48 WIB

Pemkab Probolinggo Kampanyekan Gerakan Tanam Padi Biofortifikasi

17 Juli 2024 - 14:25 WIB

Burung Bimo Raih Juara Umum Lomba Gacoran Perkutut Lokal Piala Bupati Probolinggo

16 Juli 2024 - 06:46 WIB

BPPKAD Kabupaten Probolinggo Gelar Bimtek SIPD-RI Modul Penatausahaan Pertanggungjawaban KKPD

16 Juli 2024 - 06:37 WIB

Peringati Harkopnas ke-77, DKUPP Gelar Lomba Gacoran Perkutut Lokal Piala Bupati Probolinggo

15 Juli 2024 - 09:12 WIB

Baznas Bantu Biaya Pengobatan Korban KDRT di RS Rizani

14 Juli 2024 - 09:18 WIB

Trending di Kabar Probolinggo