Tingkatkan Cakupan Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Jalin Kerjasama dengan APINDO

Pasuruan, Kabarpas.com – Apindo sebagai salah satu stakeholder yang memiliki peran penting dalam peningkatan hubungan industrial dan akuisisi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, telah menggelar kegiatan “Business Member Gathering” Untuk membangun Sinergi dan Kolaborasi Pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan Bersama Pelaku Usaha dalam rangka Menciptakan Iklim Investasi yang Sehat dan Percepatan Pembangunan Menuju Kabupaten Pasuruan yang Sejahtera, Maslahat dan Berdaya Saing.

Kegiatan yang dilaksanakan di The Pavillion Ballroom Taman Dayu, Pandaan – Pasuruan ini dihadiri oleh Bupati Pasuruan, Forkopimda Seluruh anggota DPK APINDO Kabupaten Pasuruan dan juga tim dari BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan, serta Bank BNI Pasuruan.

Dalam kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan, memberikan penyerahan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Beasiswa kepada ahli Waris yang diberikan secara langsung oleh Bupati Pasuruan dengan didampingi Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan, Kepala Dinas Perijinan dan Ketua DPP APINDO serta DPK APINDO Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan juga menyerahkan simbolis kepesertaan sebagai penghargaan untuk Perusahaan – Perusahaan yang telah berkontribusi dengan Coverage terbesar dalam program GN Lingkaran melalui donasi CSR perusahaan atau individual untuk membantu pembiayaan iuran pekerja rentan di Kabupaten Pasuruan. Penghargaan GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan diberikan kepada PT Tri Sakti Purwosari Makmur dan KUD Sumberrejo Unit SKT.

Hal tersebut dapat menjadikan dorongan untuk seluruh anggota APINDO di Wilayah Kabupaten Pasuruan agar dapat memberikan perlindungan bagi pekerja rentan yang ada di lingkungan kerjanya.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menyampaikan, agar Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), menjadi jembatan sinergitas antara para Pengusaha dan Pemerintah di Kabupaten Pasuruan serta meminta kepada para pelaku industri untuk bersama-sama mendukung program Pemerintah demi kesejahteraan Pekerja.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan, Trioki juga menyampaikan terobosan – terobosan yang dipersiapkan BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan Jaminan Sosial bagi kalangan pekerja di Indonesia, baik pekerja formal (Penerima Upah) maupun Informal (Bukan Penerima Upah).

Terobosan tersebut berupa inovasi sosial seperti layanan informasi dan pelayanan terbaru melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan skema perluasan kepesertaan melalui sistem keagenan dari komunitas yang ada di masyarakat.

“Dukungan dari semua stakeholder BPJS Ketenagakerjaan yang hadir dalam acara ini sangat penting untuk mewujudkan regulasi yang sejalan dengan Undang-Undang 40 Tahun 2004 tentang SJSN, dan diharapkan hubungan industrial dengan APINDO yang sudah terjalin ini dapat terus terjaga dan berkesinambungan,” pungkas Trioki. (ajo/ian).