Tiga Kios Helm Ludes Dilalap Si Jago Merah

Malang, Kabarpas.com – Kebakaran hebat melanda toko helm Sabillah di Jalan Trunojoyo Klojen, Kota Malang, Sabtu ( 27/2/2021). Akibatnya, Suliha (39) sang pemilik toko mengalami kerugian yang ditaksir hingga ratusan juta.

Menurut Sigyan Pratantyo, (52), Scurity RM Ocean Garden mengatakan, peristiwa kebakaran diketahui sekitar pukul 06.30 wib dan terdengar suara dari dalam pertokoan helm.

“Saya intip di pintu rolling door kok ada kobaran api dari bawah,” terang Wigyan saat ditemui di lokasi.

“Terus saya teriak panggilkan pemadam sambil berlari menuju lokasi,” sambungnya.

Sementara Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan, pasca mendapatkan laporan dari masyarakat, pihaknya langsung bergerak cepat ke lokasi.

“Jadi saat itu kami mendapatkan laporan dari masyarakat, terkait adanya kebakaran tersebut. Setelah kami cek, ternyata informasi tersebut benar. Langsung kami pun mengerahkan unit Damkar dan personil ke lokasi kejadian,” ujarnya.

Ia menjelaskan pihaknya mengerahkan sebanyak 7 unit mobil pemadam kebakaran dan 30 personil PMK.

“Sesampainya di lokasi, ternyata ada tiga kios helm yang terbakar. Anggota kami pun segera melokalisir titik api, agar api tidak merambat ke kios lainnya,” jelasnya.

Proses pemadaman sendiri terbilang cukup lama dan sulit, mengingat banyak bahan-bahan material mudah terbakar berada di dalam kios helm tersebut.

“Dibutuhkan waktu 90 menit dalam proses pemadaman api. Cukup lama, karena di kios helm itu tersimpan banyak bahan plastik dan busa. Untuk luas area yang terbakar, sekitar 4×20 meter,” jelasnya.

“Dalam peristiwa kebakaran ini nihil korban jiwa. Karena saat terbakar, kios helm tersebut masih tutup. Untuk penyebab kebakaran, disebabkan karena korsleting listrik,” tambahnya. (Dit/Mel).