Temukan Rumus Formula Kehidupanmu, Maka Kau Akan Keluar dari Masalahmu

Oleh: Edvan M Kautsar (Motivator Muda Indonesia/Peraih Penghargaan The Youngest Motivator of ASIA).

Jakarta (Kabarpas.com) – Sebagai manusia, pasti kita selalu merasakan masalah atau ujian dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah merasakan ujian hidup dari-Nya. Terkadang, masalah yang satu belum selesai, sudah muncul masalah yang lainnya. Terkadang orang sampai frustasi dibuatnya. Jangankan anak baru gede (ABG), orangtua saja banyak yang mengakhiri hidupnya dengan cara yang dilarang agama, hanya karena merasa tidak sanggup lagi untuk menghadapi masalah dalam kehidupannya. Padahal itu bukanlah solusi, melainkan akan membuat masalah baru yang besar dan tidak ada ujungnya sampai di kehidupan akhirat.

Sahabatku, Tuhan tidak akan memberikan masalah kepada kita melebihi batas kemampuan yang kita miliki. Artinya, apapun masalahnya, pasti bisa kita selesaikan. Dulu, sewaktu masih SMA saya senang sekali bermain rubik cube. Waktu itu saya masih belum mampu menyelesaikan permainan tersebut. Baru saja menyelesaikan satu sisi, sisi yang lain malah makin hancur. Dan ketika sisi yang hancur itu sudah selesai, malah datang masalah baru, yakni sisi lainnya malah hancur lagi.

Sampai akhirnya saya mengetahui ternyata ada rumus formulanya yang mampu membuat kita bisa menyelesaikannya. Tadinya, untuk menyelesaikan permainan rubik, saya butuh waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya, itupun belum tentu selesai. Namun, setelah saya memahami rumus dan memainkan sesuai rumus tersebut, rubik 3×3 bisa saya selesaikan kurang dari 10 detik saja.

Saya menemukan sebuah kalimat ketika itu, “Hidup itu seperti memainkan rubik, ketika kita menyelesaikan satu sisi masalah, kita akan mendapatkan masalah dari sisi yang lainnya. Cara untuk membuat semua sisi terselesaikan adalah dengan menemukan rumus formulanya. Maka carilah rumusnya!”

Ya, begitu pula dengan halnya kehidupan, masalah datang silih berganti, kita akan benar-benar bisa menyelesaikan masalah dan ujian tersebut hanya apabila kita menemukan dan menggunakan rumus formula kehidupan. Lalu apakah rumus formula kehidupan yang dapat membuat kita menyelesaikan masalah itu? Ada banyak rumus yang bisa membuat kita menyelesaikan rubik, begitu juga dengan masalah kehidupan. Salah satunya adalah dengan menemukan makna dan tujuan untuk apa sesungguhnya Allah memberikan masalah tersebut pada kita.

Sama halnya seperti seorang siswa yang diberikan ujian untuk kenaikan kelas, manusia diberikan ujian untuk dinaikkan derajatnya oleh Allah. Masalah adalah tanda cinta dan kasih sayang Allah kepada hambanya. Semakin sering seseorang diberikan masalah, maka Allah tengah menyiapkan dia untuk menjadi seseorang yang hebat, di kelas yang tinggi karena terus dinaikan derajatnya oleh Allah, baik dihadapan-Nya atau dihadapan manusia.

Tahukah Anda batuan apa yang harganya paling mahal dan diminati oleh semua orang? Tentu jawabannya adalah Berlian (Diamond). Berlian sangat mahal dan disukai oleh semua orang karena indah, cantik, menawan, mewah, kuat (bahkan diteliti sebagai batuan terkuat di dunia), sehingga harganya sangatlah mahal.

Pertanyaannya, apakah berlian itu langsung bening dan indah ketika pertama kali ditemukan? Ternyata tidak. Berlian tak ubahnya seperti batuan biasa yang sering kita lihat di tanah atau di jalanan. Bahkan tidak akan menarik perhatian orang awam seperti kita. Hanya saja terlihat agak berbeda seperti batu kaca dan sangat berbeda dengan tampilan berlian setelah diproses.

Lalu bagaimanakah proses berlian yang baru saja ditemukan sampai akhirnya dijual mahal di masyarakat? Berlian merupakan mineral yang langka dan dihasilkan pada tekanan dan temperature yang sangat tinggi di kedalaman 90 – 140 kilometer di bawah permukaan bumi. Kemudian berlian diproses dengan cara dipanaskan, diberikan tekanan dan ditempa terus menerus sampai jadilah berlian itu sangat kuat, indah dan mahal harganya.

Begitu juga Allah kepada manusia, Allah memberikan tekanan, ujian, masalah kehidupan kepada manusia, agar manusia menjadi sangat kuat, indah dan mahal harganya baik dihadapan manusia atau dihadapan Allah. Jadilah berlian yang ketika ditempa dengan ujian dan masalah namun tak pernah menyerah dan selalu bangkit untuk meraih cita-cita. Memang akan sulit untuk menjadi berlian, itulah kenapa berlian sangat jarang dan sulit ditemukan. Sekalipun disimpan di tempat sampah, berlian tetaplah berlian. Maka jadilah manusia yang indah, kuat serta mahal dan selalu menjadi berlian yang bersinar di manapun diri kita berada.

Allah tidak akan pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia. Segala ciptaan-Nya pasti ada maksud dan tujuannya. Begitu juga ‘masalah & ujian yang Dia ciptakan untuk kita selaku manusia. Pasti ada hikmah tersembunyi yang ingin Allah berikan kepada kita. Contohnya ketika kita sakit, mungkin kita merasa tidak nyaman dan menyakitkan. Padahal Allah sedang menggugurkan dosa-dosa kita. Karena Allah sayang kepada kita dan tidak menginginkan hidup dengan banyak dosa. Sehingga Dia gugurkan dosa-dosa kita dengan membuat diri kita sakit. Begitu sayangnya Allah kepada kita.

Sahabatku, mungkin awalnya ketika mendapat ujian atau masalah, kita akan merasa sakit, sedih, bingung dan hal-hal lainnya. Padahal Allah sedang menyiapkan hadiah terindah dibalik ujian yang kita dapatkan. Sayangnya, kita seringkali tidak sabar dan terburu-buru mengeluh atau bahkan menyalahkan Allah atas musibah yang kita dapatkan. Padahal Allah sudah menyiapkan hadiah atau hikmah terindah dari masalah itu. Sehingga kita hanya bisa fokus akan hal-hal negatifnya tanpa dengan mendapatkan hal positif dan kebahagiaan yang diberikan oleh Allah sepaket dengan masalah tersebut. Jadi, bersyukur dan carilah hikmah dengan bersabar pada setiap masalah yang kita alami.

Ketika kita berhasil menciptakan sesuatu, pasti kita ingin menjaganya baik-baik dan menyayangi hal itu. Begitu juga Allah, Dia sangat sayang kepada kita, tidak mungkin ingin mencelakakan ciptaan-Nya. Masalah, Ujian dan Musibah yang kita dapatkan, adalah yang terbaik dari Allah untuk menjadikan kita berlian dihadapan-Nya dan manusia. So, Lets Shine Bright Like a Diamond!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *