Takut Ditahan, Warga Serahkan 5 Pucuk Senpi Rakitan dan Belasan Bondet

Pasuruan (Kabarpas.com) – Lima pucuk senjata api (senpi) laras pendek rakitan dan belasan bondet diamankan pihak jajaran Polsek Lumbang, Kabupaten Pasuruan. Kedua jenis benda tersebut ditemukan petugas di beberapa lokasi yang ada di Desa Watu Lunggung, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan. Diduga benda membahayakan itu, merupakan milik warga setempat yang sengaja ditaruh di sebuah tempat, karena takut ditahan petugas kepolisian setempat.

“Dua hari yang lalu, kami telah menangkap tiga orang warga di sini yang kedapatan menyimpan laras panjang rakitan. Dari penangkapan itu, kami kemudian melakukan pendekatan ke Kades untuk menghimbau warganya, apabila memiliki senpi rakitan agar diserahkan kepada kami,” kata Kapolsek Lumbang, AKP Prasetyo Budi Utomo kepada Kabarpas.com. Kamis, (21/01/2016).

Alhasil, kepala desa (Kades) setempat bernama Ahmad Riduwan pun langsung melakukan himbauan kepada warganya. Sehingga pada malam harinya, lima pucuk senpi rakitan dan belasan bondet itu diserahkan warga secara sukarela.

“Usai diajak komunikasi oleh pak Kapolsek. Saya langsung menghimbau warga untuk menyerahkan senpi rakitan dan bondet kepada polisi. Namun, sepertinya mereka takut ditahan kalau ketahuan menyimpan barang berbahaya itu. Sehingga saya pun menyuruh mereka menaruh barang-barang berbahaya itu di tempat tertentu,” ucap Riduwan kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, informasi yang diperoleh Kabarpas.com menyebutkan, bahwa di daerah setempat selama ini rawan dengan terjadinya aksi pencurian hewan dan kejahatan lainnya. Sehingga sejumlah warga sekitar sengaja membuat senpi rakitan itu untuk melindungi dirinya dan hewan ternaknya dari aksi kejahatan tersebut. (ajo/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *