Tak Kuat Tanjakan, Truk Kontainer Terguling Picu Kemacetan

Pasuruan (Kabarpas.com) – Jum’at (25/09/2015) pagi tadi, di sepanjang jalur Surabaya -Malang, tepatnya di depan Bakpau Telo, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan mengalami macet total. Penyebabnya tak lain karena sebuah truk kontainer ‎bernopol L 8803 UY terguling dan menutupi badan jalan. Akibatnya, kemacetan panjang pun tak terelakkan. Kendati demikian, tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini.

Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Hendro Gunawan‎ mengatakan, kejadian bermula saat truk kontainer yang memuat beras tersebut tidak kuat menanjak saat berada dilokasi. Akibatnya truk kontainer berbobot puluhan ton itu berjalan mundur.

Nah, saat berjalan mundur tersebut, posisi kepala truk mengarah ke kanan dan sebagian ban-nya naik ke median jalan. Tak ayal, gandengan kontainer yang berada dibelakang, kemudian terguling melintang sehingga menutupi badan jalan. Bahkan, pada waktu mundur itu, truk kontainer sempat menghantam sebuah truk tangki. Sehingga kaca depan truk tangki pecah. Namun, pengemudi truk tangki selamat.

“Alhamdulillah, dalam kecelakaan ini tidak ada korban jiwa, cuma macetnya memang panjang sekali,” ujar Kasatlantas kepada Kabarpas.com melalui sambungan telpon.

Sementara itu, untuk mengurai kemacetan, pihak Satlantas mengalihkan sejumlah kendaraan yang berasal dari arah Surabaya ke jalur berlawanan dan melakukan buka-tutup jalur (kontra flow). “Kami terpaksa menggunakan jalur dari arah Malang menjadi dua lajur. Hal ini kami lakukan untuk mengurangi kemacetan,” imbuh Kasatlantas.

Namun meski jalur dari arah Malang digunakan menjadi dua lajur, kemacetan tetap bertambah panjang. Akhirnya, petugas pun mengarahkan kendaraan roda empat untuk melewati jalur alternatif melewati wilayah Nongkojajar. Dan sepeda motor melewati jalur alternatif melalui jalan kampung, tembus ke RSJ Porong, Lawang. (jon/abu).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *