SWADESI dan UKM : Usaha Riil Meningkatkan UKM

Oleh : Nico Trisno P, Ketua Forum UMKM Mandiri Jatim

KABARPAS.COM – YA, dengan gerakan Swadesi yang dicanangkan oleh Kepala Daerah di wilayahnya masing-masing akan menggeliatkan & memajukan perekonomian masyarakat nya yang nyata.
Swadesi merupakan gerakan untuk mencintai & membeli produk – produk (Barang/Jasa) yang dihasilkan oleh anak negeri ato masyarkat di wilayahnya yang diperintahkan oleh pemimpin. Adapun unsur dari gerakan Swadesi adalah Pemimpin, Produsen, Pegawai pemerintahan, BUMN, BUMD, dan Masyarakat itu sendiri.

Dengan gerakan tersebut, maka kebijakan pemerintah akan berkelanjutan seperti bola salju yang menggelinding dari puncak gunung yang awalnya kecil akan bertambah besar ketika bola salju itu sampai di bawah kaki gunung.
Paling tidak…omzet UKM akan menggeliat/naik, UKM akan meningkatkan kualitas produk & melakukan inovasi produk, koperasi akan bermunculan sebagai koperasi UKM, pembinaan dari dinas terkait lebih terarah, efektif dan bisa terukur.

Bagi masyarakat luas, dengan mencintai & membeli produk UKM akan menghasilkan ketahanan perekonomian wilayah, meningkatkan persatuan dan kerukunan di masyarakat, yang mana hal ini sangat dibutuhkan bagi kuatnya nasionalisme.
Selain itu bagi daerah tersebut (Kabupaten/Kota) akan memunculkan Brand baru dan memiliki produk unggulan guna meningkatkan wisata.

Tidak menutup kemungkinan dengan gerakan Swadesi ini, Pemerintah Daerah akan lebih dinamis lagi kebijakan – kebijakan nya untuk membangun kesejahteraan masyarakat, kinerja para Aparatur Sipil Negara akan lebih meningkat. Tak ayal lagi kepercayaan/ Trust masyarakat terhadap Kepala daerahnya meningkat. (***).