Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

KABAR NUSANTARA · 25 Apr 2024 11:22 WIB ·

Surya Buka MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan


Surya Buka MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan Perbesar

Asahan, Kabarpas.com – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan terlihat meriah. Kemeriahan ini terlihat dari semangat para Kafilah dari 25 Kecamatan yang mengikuti pawai yang dilepas oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc di Jalan Lintas Sumatera depan Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran.

Lambaian tangan dan teriakan dari para Kafilah menambah semarak pawai tersebut, yang dibalas dengan senyuman dan lambaian tangan oleh Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Kapolres Asahan, Kajari Asahan, Ketua PN Kisaran, mewakili Dandim 0208/Asahan, mewakili Danlanal TBA, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Para Asisten, Staf Ahli Bupati Asahan, OPD, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua DWP Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Usai melepas pawai Bupati Asahan beserta Forkopimda Kabupaten Asahan menuju mimbar utama yang berada di Gedung Tahfidz Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran untuk membuka pelaksanaan MTQ tersebut. Dilokasi ini juga berbagai pertunjukan disajikan oleh para siswa/siswi yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan untuk menghibur Forkopimda Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya, sebelum pembukaan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dibuka secara resmi oleh Bupati Asahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si selaku panitia penyelenggara MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan dan Pameran dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Asahan ke-55 menyampaikan dasar kegiatan ini adalah Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-42.1-1.3 Tahun 2024 Tanggal 22 April 2024 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQ ke-55 Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2024 serta Surat Keputusan Bupati Asahan Nomor 100.3.3.2-24.2-4.15 Tahun 2024 Tanggal 23 Februari tentang pembentukan penitia pelaksana peringatan Hari Jadi ke-78 Kabupaten Asahan Tahun 2024. Selanjutnya John menyampaikan pelaksanaan ini dilaksanakan selama 7 hari sejak tangga 24-30 April 2024.

Lebih lanjut John melaporkan, MTQ ini diikuti oleh 25 Kecamatan dengan jumlah peserta 771 orang. Adapun cabang yang dipertandingkan Cabang Tilawah, Hifzil Qur’an, Khattil Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Karya Tulis Ilmiah Qur’an, Hifzhil Al-Hadits, Tafsir Al-Qur’an, Qiro’at Al-Qur’an.

“Bagi para pemenang dan peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa Piagam, Throphy dan uang tunai”, tandasnya.

Ditempat yang sama Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, MH mengatakan, MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Namun hal tersebut jangan dianggap sebagai sebuah tradisi tanpa ada pesan Dakwah Islam didalamnya.

“Jadikan MTQ ini sebagai pondasi generasi muda yang peduli, kreatif dan senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan, serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi yang berkualitas”, ujarnya.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya H. Surya, BSc menerima simbolis dana CSR dari PT BANK SUMUT Cabang Kisaran senilai 233.328.957 untuk pembangunan sarana tempat Sholat di Taman Hutan Kota Taufan Gama Simatupang Kisaran yang diserahkan oleh Pimpinan PT BANK SUMUT Cabang Kisaran.

Bupati Asahan pada bimbingan dan arahannya mengatakan, penyelenggaraan MTQ harus kita jadikan sebagai media dakwah dan syi’ar keagamaan yang efektif. Secara nyata telah terbukti MTQ mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Diharapkan penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkah semangat masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup bagi ummat.

“Patut kita syukuri bahwa dari Tahun ke Tahun kualitas peserta Musabaqah semakin meningkat, baik dari segi bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lain-lain, meski belum maksimal sepenuhnya. Untuk itu saya berharap bahwa penyelenggaraan MTQ dapat terus dilaksanakan di Desa/Kelurahan atas prakarsa atau inisiatif masyarakat. (Jul/Gus).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Touring Nyaman dan #Cari_Aman Jelang Musim Libur Sekolah, Perhatikan Hal Ini…

24 Juni 2024 - 07:33 WIB

Berlangsung Meriah, Launching All New Honda BeAT Disaksikan Ribuan Masyarakat Malang

24 Juni 2024 - 07:29 WIB

Sukses di Kejurprov, Daffa Siap Berlaga di Kejurnas Tenis Meja Kelompok Umur

23 Juni 2024 - 14:21 WIB

PKB Trenggalek Buka Ruang Figur Eksternal untuk Pilkada, Meski Tidak Ikut Daftar

23 Juni 2024 - 14:20 WIB

Pencuri Hp di Bangil Dimassa hingga Babak Belur

23 Juni 2024 - 14:09 WIB

Gus Ipul Ajak SD Al-Anwar Ikut Majukan Dunia Pendidikan di Kota Pasuruan

23 Juni 2024 - 08:30 WIB

Trending di Kabar Pasuruan