Stok Pangan dan Keperluan Lebaran di Kota Probolinggo Aman

Probolinggo, Kabarpas.com – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Probolinggo melakukan insepeksi mendadak (sidak) ke sejumlah tempat persediaan pangan guna mengetahui ketersediaan bahan untuk keperluan lebaran. Sidak ini bertujuan untuk mengecek ketersediaan pangan menjelang lebaran, juga untuk memantau kelancaran distribusi sekaligus memantau keterjangkauan harga sebagai upaya stabilisasi harga dan membangun komunikasi yang efektif.

Lokasi yang dikunjungi Tim sidak di antaranya adalah Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP), Satgas Pangan, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Bulog juga Pasar Baru.

“Inspeksi mendadak ini untuk mengetahui sekaligus mengecek ketersediaan pangan di Kota Probolinggo menjelang lebaran, agar tidak ada kelonjakan harga yang cukup berarti,” ujar Fitriyani Kepala DKUPP Kota Probolinggo kepada Kabarpas.com. Jumat, (30/4/2021).

Ketersediaan stok bahan pangan dan sembako yang ada di Kota Probolinggo saat ini lanjut Fitryani, dirasa masih cukup dan belum ada tanda-tanda akan terjadi kenaikan harga.

“Dari hasil sidak ini Alhamdulillah tidak ada temuan, situasinya juga kondusif. Harga-harga masih relatif stabil, meski demikian tetap harus diperhatikan utamanya pada malam-malam likuran dimana masyarakat biasanya ada tradisi selamatan, biasanya harga-harga berfluktuasi,” tambahnya.

Ketersediaan stok bahan pangan dan sembako tambah dia , dirasa masih cukup dan belum ada tanda-tanda akan terjadi kenaikan harga.

“Ketersediaan stok beras juga dirasa masih cukup dan terpantau tidak ada lonjakan harga mendekati hari raya Idul Fitri,” tutupnya. (wil/gus).