Stok Darah Saat Pandemi Covid-19 Menipis, Polres dan Jurnalis Kota Probolinggo Gelar Donor Darah

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

 

 

Probolinggo, Kabarpas.com – Stok darah di Kota Probolinggo di massa pandemi Covid -19 menipis, kondisi ini mengugah hati Jajaran Polres Probolinggo Kota dan Jurnalis Probolinggo (Jispro) untuk menggelar bakti sosial donor darah.

Donor darah ini digelar di Aula Mapolres Probolinggo Kota, jalan dr M. Saleh, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo, Rabu (21/10/2020).

Wakapolres Probolinggo Kota, Kompol Teguh Santoso, menjelaskan dalam baksos ini semua personil Polres dan jurnalis ia libatkan, namun hanya puluhan saja atau sebanyak 97 personel yang bisa mendonorkan darahnya, karena ada beberapa persyaratan yang terpaksa mereka tidak bisa ikut donor darah, seperti tekanan darah sedang drop, flu, dan lain-lain.

“Harus melalui uji kesehatan dulu, jadi yang mengalami flu, kurang enak badan, tensi tidak normal tidak bisa mendonorkan darahnya,” tutur Teguh kepada wartawan Kabarpas.com biro Probolinggo.

Teguh menambahkan, stok golongan darah O dan B di Palang Merah Indonesia (PMI), Kota Probolinggo menipis, PMI Kota Probolinggo berharap lebih banyak masyarakat yang sadar untuk mendonorkan darahnya, dan tak perlu khawatir terkait masa pandemi Covid-19. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, jumlah pendonor darah menurun, pasalnya masyarakat takut dites atau diswab ketika hendak mendonorkan darahnya di PMI. Hal itu membuat stok darah di PMI menipis.

“Tidak usah takut, prokes tetap dilakukan tidak harus Swab, bahkan bila rutin, sehabis donor justru kita bertambah sehat,” tambahnya.

Sementara itu Suwito, petugas pelayanan PMI Kota Probolinggo menegaskan, di massa pandemi Covid – 19 ini, ketersediaan stok darah memang menipis. Dan PMI bersyukur ada giat ini dan semoga diikuti yang lainya.

“Kami merasa bangga dengan apa yang dilakukan oleh Polres probolinggo kota dan rekan media, semoga semua apa yang dilakukan ini bermanfaat.” tutupnya. (wil/gus).