Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 13 Des 2014 23:38 WIB ·

Siaga Banjir, BPBD Bersama GP Ansor Kabupaten Pasuruan Bersih-bersih Sungai


Siaga Banjir, BPBD Bersama GP Ansor Kabupaten Pasuruan Bersih-bersih Sungai Perbesar

Kraton (Kabarpas.com) – Memasuki musim penghujan yang sudah terjadi beberapa hari terakhir ini. Membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pasuruan melakukan aksi bersih-bersih di sungai Welang yang ada di Kecamatan Kraton, kabupaten setempat.

Seperti diketahui, hampir setiap tahun rumah warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai Welang ini menjadi langanan banjir. Terakhir, pada 4 Januari 2014 lalu, ratusan rumah di sekitar sungai tersebut, terendam banjir setinggi 1,5 meter.

“Salah satu faktor terjadinya banjir, ialah banyaknya tumpukan sampah di sungai. Kondisi tersebut bisa menghambat jalannya air sungai yang mengalir. Sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya banjir,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Tri Yudha Widya Sasongko, kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi, Sabtu (13/12/2014).

Lebih lanjut, Yudha mengatakan, bahwa diperkirakan hujan akan mengalami puncaknya pada bulan Januari – Februari 2015 nanti.

“Untuk itulah saat ini kami sudah melakukan siaga darurat banjir dengan cara melakukan aksi bersih-bersih sungai seperti yang kami lakukan sekarang ini. Hal itu kami lakukan, agar kami tak kecolongan terhadap sejumlah titik-titik yang rawan banjir di Kabupaten Pasuruan ,” terangnya.

Selain itu Yudha menambahkan, bahwa saat ini pihaknya sudah memetakan ada 10 kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang dianggap rawan banjir, diantaranya yaitu Kecamatan Beji, Bangil, Rembang, Kraton, Rejoso, Grati, Nguling, Winongan, Gondangwetan dan Kecamatan Pohjentrek.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Pasuruan, M Farid Syauqi mengatakan, bahwa, dalam kegiatan ini pihaknya telah melibatkan sekitar 200 personel banser dari beberapa anak cabang, untuk membantu membersihkan sampah yang ada di bantaran sungai Welang tersebut.

“Dibutuhkan peran aktif dari semua pihak, untuk mengatasi terjadinya banjir yang biasanya datang pada saat musim penghujan tiba seperti sekarang ini,”  pungkasnya. (ajo/uje). 

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA