Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Headline News · 2 Des 2014 20:21 WIB ·

Setahun Lebih Sertifikasi Belum Cair, 672 Guru Agama Meradang


Setahun Lebih Sertifikasi Belum Cair, 672 Guru Agama Meradang Perbesar

Gondangwetan (Kabarpas.com) – Sudah hampir satu tahun lebih, dana tunjangan sertifikasi untuk guru agama berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Pasuruan belum dicairkan. Kondisi ini membuat sebanyak 672 guru agama Se-kabupaten setempat meradang.

“Hampir setahun lebih tunjangan sertifikasi saya belum dicairkan. Setiap kali saya tanya ke kantor Kementerian Agama (Kemenag) di wilayah sini (Kabupaten Pasuruan.red) katanya akan cair bulan depan. Tapi nyatanya sampai sekarang kok masih tak kunjung dicairkan juga,” kata salah seorang guru agama, yang namanya tak mau disebutkan kepada Kabarpas.com, Selasa, (02/12/2014).

Menurutnya, dana yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru tersebut, biasanya diterima oleh para guru tiap tiga bulan sekali. Sedangkan untuk jumlah nominal tunjangan sertifikasi yang diterima, ditentukan berdasarkan gaji pokok dari masing-masing guru itu sendiri. “Dana yang diterima oleh setiap guru tidak sama. Karena ini berdasarkan gaji pokoknya saja,” imbuhnya.

Ia menuturkan, kalau pencairan dana sertifikasi itu sudah lama ditunggu-tunggu oleh para guru supaya bisa digunakan untuk keperluan hidup mereka sehari-hari. Namun, apa boleh buat ternyata sampai saat ini pencairan tunjangan sertifikasi mereka itu masih saja belum dicairkan, dengan alasan yang tidak jelas.

“Tak sedikit teman saya yang pusing, karena sudah terlanjur hutang ke bank untuk keperluan hajat mereka masing-masing. Sebab waktu itu mereka sudah bergantung pada pencairan dana tunjangan sertifikasi ini, untuk melunasi hutangnya di bank,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia se-Kabupaten Pasuruan, Abdul Hamid mengatakan, bahwa rata-rata guru agama yang belum menerima dana tunjangan sertifikasi itu ialah selama 19 bulan.

“Ada sebanyak 672 guru agama yang dana tunjangan sertifikasinya belum dicairkan sampai sekarang ini. Dan apabila dijumlahkan totalnya mencapai hingga Rp 27,8 Milyar,” ujar pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Gondangwetan tersebut. (ajo/uje).

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Saling Cokot, Empat Pengedar Sabu Diamankan

19 September 2023 - 13:45 WIB

Keluarga Pasien Meradang, Ada Konser di RSUD Bangil dengan Suara Musik Kencang

2 Agustus 2023 - 21:58 WIB

Laka Beruntun di Jalan Raya Purwodadi, 2 Orang Tewas di Tempat

26 Juli 2023 - 19:16 WIB

Gudang Rongsokan dan Rumah di Pasuruan Ludes Terbakar

21 Juli 2023 - 06:27 WIB

Dua Gudang Mebel di Pasuruan Ludes Terbakar

19 Juli 2023 - 23:20 WIB

Pelaku Pembunuh Pria dalam Karung Beras di Pasuruan Ditangkap

28 Juni 2023 - 23:08 WIB

Trending di Berita Pasuruan