Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 13 Mei 2024 11:39 WIB ·

Senator Evi Zainal Abidin Sebut Pengamalan Sila Kelima Pancasila dapat Diwujudkan Lewat Koperasi 


Senator Evi Zainal Abidin Sebut Pengamalan Sila Kelima Pancasila dapat Diwujudkan Lewat Koperasi  Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Senator Hj. Evi Zainal Abidin menyebut bahwa keberadaan koperasi merupakan salah satu wujud dari Sila Kelima Pancasila. Sila Kelima Pancasila bukan saja merupakan pedoman tetapi juga merupakan tujuan.

“Tujuan pokok Negara Indonesia mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh umat manusia,” ujar Senator Evi Zainal Abidin dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Koperasi merupakan implementasi gotong royong di bidang ekonomi dari Pancasila. Melalui gotong royong inilah pihak yang besar dan kecil saling membantu agar semua sejahtera. Pancasila sendiri dirumuskan dari nilai-nilai bangsa Indonesia yang luhur. Pengamalan butir-butir Pancasila yang mengandung nilai-nilai kebaikan itu hendaknya juga diterapkan di semua sektor kehidupan, dari bidang politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya.

Bagi Senator Evi, koperasi adalah wadah ekonomi yang paling ampuh untuk menanggulangi kemiskinan dalam upaya untuk menciptakan pembangunan yang berkeadilan. Selain itu, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang paling banyak melibatkan peran serta masyarakat.

“Oleh karenanya, koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat perlu lebih banyak diikutsertakan dalam upaya pembangunan untuk mewujudkan pembangunan yang lebih merata,” kata politisi perempuan yang pernah meraih Kabarpas Awards 2019 tersebut.

Dijelaskan, koperasi merupakan sebuah usaha secara bersama-sama yang berdasar pada azas kekeluargaan. Dalam segi ekonomi, semangat gotong royong digunakan sebagai landasan untuk membangun koperasi sebagai dasar perekonomian rakyat.

Menurutnya, gotong royong adalah salah satu landasan perilaku kolektif yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. “Dari asas kekeluargaan dapat dipahami bagaimana sikap gotong royong itu menjadi satu kekuatan masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Terakhir, senator Evi menekankan bahwa Koperasi telah menjadi satu tiang utama penyangga perekonomian Indonesia. Keberadaan koperasi setidaknya bisa membangun semangat gotong royong dan semangat kekeluargaan yang sudah melekat dalam diri masyarakat Indonesia.

Senator Evi berharap, Koperasi-koperasi yang sudah tumbuh dan semakin berkembang membawa pula perubahan taraf hidup anggotanya secara khusus dan masyarakat secara umum ke arah yang lebih baik.

“Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi yang maksimal dari pihak pemerintah dan koperasi untuk bisa memberikan dasar ekonomi kerakyatan yang kuat bagi masyarakat tetap mengedepankan asas kekeluargaan dan gotong royong,” pungkasnya. (cha/gus)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

Baca Lainnya

Menjaga Tradisi, Memperkuat Keharmonisan: Sinergi Pemerintah dan Perguruan Silat di Blitar

18 Mei 2024 - 06:42 WIB

Mas Dion: PKB Harus Kompak dan Bersatu Menangkan Gus Mujib Jadi Bupati Pasuruan

17 Mei 2024 - 21:01 WIB

Berlaga di Prancis, Delvintor Optimis Suguhkan Performa Positif

17 Mei 2024 - 15:31 WIB

Didapuk Jadi Keynote Speaker Ubaya Innovaction Expo 2024, Begini Kata Ketua Dekranasda Trenggalek

17 Mei 2024 - 13:58 WIB

Malam Ini Lyodra dan Judika Bakal Meriahkan Malam Puncak Obsesi Awards 2024

17 Mei 2024 - 10:48 WIB

Ketua TP PKK Trenggalek Hadiri Peringatan HKG ke-54 di Solo

17 Mei 2024 - 10:37 WIB

Trending di Advertorial