Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 16 Des 2014 18:27 WIB ·

Sarah “Si Doel” Ajak Masyarakat Pasuruan Gemar Membaca


Sarah “Si Doel” Ajak Masyarakat Pasuruan Gemar Membaca Perbesar

Purworejo (Kabarpas.com) – Duta Baca Republik Indonesia yang juga artis Ibukota, Cornelia Agatha mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten dan Kota Pasuruan dan sekitarnya untuk gemar membaca.

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Cornelia, yang namanya sudah populer dengan sebutan “Sarah Si Doel”, saat menjadi narasumber dalam sebuah acara rangkaian Road Show Promosi Minat Baca se-Indonesia oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas), di Gedung Serba Guna Kabupaten Pasuruan, Selasa, (16/12/2014) siang.

“Membaca, membaca, dan membaca. Minimal memanfaatkan buku lah jika fasilitas lain seperti internet, dan pendukung lainya belum ada. Karena dengan membaca pengetahuan kita akan menjadi bertambah, dan juga menumbuhkan kecerdasan linguistik, serta akan memberikan wawasan yang luas,” ujar artis yang juga kerapkali menjadi pemain teater tersebut.

Selain itu, ia juga tak segan-segan berbagi cerita seputar pengalaman menularkan minat baca pada dua anak kembarnya, maupun pengalaman membaca sepanjang hidupnya. Bahkan, menurutnya hobi membaca itu perlu dimulai sejak dini, dalam arti setiap orang tua harus mulai memperkenalkan bacaan kepada anak-anaknya, semenjak sang anak berada dalam kandungan.

“Kalau kita mendongeng atau berbagi cerita dengan anak yang masih berada dalam perut sama artinya dengan kita mengajak mereka membaca, meskipun mereka hanya bisa mendengar saja. Tapi itu harus dilakukan, karena ketika sang anak lahir, saya bisa menjamin bahwa masa pertumbuhannya akan dipenuhi dengan kegiatan membaca,” kata Sarah di hadapan ratusan peserta yang hadir.

Dengan mengenakan rok berwarna hitam dan dibalut dengan atasan berwarna hijau daun, Sarah sendiri sangat bahagia memiliki dua anak kembar laki-laki dan perempuan yang selalu memiliki waktu untuk membaca, minimal 10-15 menit dalam satu hari. “Saya sendiri bahkan sering didongengin sama anak-anak, hingga sampai saya tertidur hehe,” imbuhnya seraya tertawa mengingat kejadian tersebut.

Sekedar untuk diketahui, Kabupaten Pasuruan merupakan salah satu tempat terakhir dari 54 kota/kabupaten di Nusantara, yang berkesempatan menjadi tempat jujugan Road Show Promosi Minat Baca se-Indonesia, gelaran Perpustakaan Nasional dalam rangka untuk meningkatkan minat baca masyarakat di seluruh Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya yaitu Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryanti, Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur, Sudjono, Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Pasuruan, Irianto, Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Pasuruan, Tasripin, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Pasuruan, Endah Mulyaningsih, serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih menegaskan, kurangnya minat baca masyarakat Indonesia menjadi tugas bersama. Oleh karena itu kata dia, Road show ini digelar untuk mensosialisasikan langsung pentingnya perpustakaan dan membaca ke masyarakat.

“Sebab bangsa yang maju adalah bangsa yang mempunyai budaya baca tinggi, dan menghargai perpustakaan sebagai sumber belajar,” pungkasnya. (iim/uje). 

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA