Sah, Joko – Shohib Resmi Terpilih Jadi Ketua dan Wakil Ketua PWI Pasuruan

Pasuruan, Kabarpas.com – Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan 2020 akhirnya berakhir digelar. Dari konferensi tersebut, menghasilkan pimpinan PWI Pasuruan periode 2020-2023 yaitu Joko Harianto (MNC TV/ RCTI) sebagai Ketua dan Shohibul Hujjah (Kabarpas.com) sebagai Wakil Ketua.

Acara konferensi ke-V PWI Pasuruan yang digelar di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Pasuruan ini sempat deadlock. Pasalnya, salah satu peserta konferensi meminta agar konferensi ditunda.

Hal itu dikarenakan surat PWI Jatim tentang perpanjangan SK pengurus PWI sebelumnya yang dikhawatirkan cacat hukum. Sebab di situ masih tercantum nama Abdus Syukur yang sudah lama meninggal dunia, dan Anas Muslimin yang sudah mundur menjadi Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan.

Namun, setelah disepakati direvisi pemilihan ketua PWI Pasuruan kembali dilanjutkan. Dan setelah itu, Machmud Suhermono (Wakil Ketua PWI Jatim) selaku pimpinan sidang melanjutkan membacakan tatib pemilihan Ketua PWI melalui voting.

Pada pemilihan tahap pertama diikuti tiga calon, Joko Hariyanto (MNC TV/RCTI), Shohibul Hujjah (Kabarpas.com), dan Mohammad Hidayat (Wartabromo.com). Hasilnya, Joko Harianto memperoleh 14 suara dan Shohibul Hujjah mendapat 11 suara. Sedangkan Mohammad Hidayat hanya mendapat  2 suara, dan 1 suara abstain.

Sementara di pemilihan tahap kedua, hanya dua nama yang lolos. Yakni, Joko Hariyanto dan Shohibul Hujjah. Alhasil, Joko berhasil mendapat nilai unggul tipis dari yuniornya dengan total suara 15. Sedangkan Shohib memperoleh 13 suara.

“PWI Pasuruan satu-satunya dan pertama kali di Jawa Timur yang menggelar konferensi di tengah pandemi. Dan alhamdulillah meski sempat berlangsung panas, namun konferensi yang diikuti 28 peserta ini berakhir dinamis. Mari bersama-sama tetap menjaga marwah PWI yang merupakan organisasi besar,” ujar Ketua PWI Jatim Ainur Rohim saat ditemui usai acara. (fid/tin).