Ribuan Vaksin Covid-19 Tiba di Probolinggo

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Agus Hariyanto

Probolinggo, kabarpas.com – Ribuan vial vaksin Sinovac tiba di Kota dan Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya vaksin Covid-19 ini disimpan di ruangan khusus.

Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, 1.480 vaksin ini disimpan di ruang khusus Dinas Kesehatan dan P2KB , jalan Suroyo, dan prioritas pertama adalah Nakes (tenaga kesehatan). Kedatangan vaksin di Kota Probolinggo menjadi awal untuk bisa lebih lega menghadapi wabah Covid-19.

“Menghadapi pandemi butuh kebersamaan, kami harus menunjukkan ke masyarakat vaksin ini aman namun tetap disiplin protokol kesehatan, jangan lengah atau terlena,” ujar Habib Hadi kepada Kabarpas.com. Senin (25/1/2021).

Habib menambahkan bahwa untuk teknis, pemkot sudah mempersiapkan semua pelaksanaan vaksin, termasuk tempat dan waktu dan prosedur pelaksanaanya. “Semoga semua berjalan lancar dan aman,” terangnya.

Sementara itu untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, sebanyak 3.000 vial vaksin ini disimpan di Gudang Intalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Kabupaten Probolinggo Jl. Anggrek No. 32, Kel. Sukabumi Kec. Mayangan Kota Probolinggo.

Vaksin Covid-19 tahap 1 Termin 2 sejumlah 3000 vial (0,05) yang diperuntukkan kepada Forkopimda dan tenaga Keshatan (Nakes) Kabupaten Probolinggo.

“Vaksin sudah diterima dan disimpan di ruang khusus, selanjutnya siap dilakukan vaksin,” ujar dr Sodiq, Kadinkes Kabupaten Probolinggo.

Rencana pelaksanaan pendistribusian lanjut Sodiq, Vaksin Sinovac ke tingkat ke Puskesmas akan dilaksanakan Kamis tanggal 28 Januari 2021.

“Untuk rencana pelaksanaan Vaksin Sinovac secara serentak akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 1 Februari 2021 bertempat di seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Probolinggo,” tutupnya. (wil/gus).