Resmikan Aula Khodijah SD Al Kautsar, Wali Kota Titip Cetak Generasi Pemenang di Masa Mendatang

Pasuruan, Kabarpas.com – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) meresmikan Aula baru SD Al-Kautsar Kota Pasuruan bernama Aula Khodijah.

“Dengan mengucap bismillahirrahanirrahim, Aula Khodijah SDN Al Kautsar ini saya nyatakan diresmikan.” ujar Gus Ipul saat meresmikan Aula di lantai 2 tersebut.

Selain dihadiri oleh Gus Ipul dan Mas Adi, Acara ini juga dihadiri oleh Camat Bugul Kidul, Lurah Bugul Kidul, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pasuruan beserta jajarannya, Pimpinan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Kota Pasuruan beserta jajarannya, Ketua Pimpinan Daerah Aisiyah beserta jajarannya, para Kepala Sekolah Muhammadiyah Kota Pasuruan, para sesepuh dan tokoh penting Muhammadiyah Kota Pasuruan, serta tamu undangan lainnya.

Pendirian Aula Khadijah di salah satu SD favorit di Kota Pasuruan ini, seiring dengan banyaknya kontribusi Muhammadiyah dalam pembangunan di bidang pendidikan dan kesehatan di Indonesia dan Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Gus Ipul berpesan, agar lembaga pendidikan di lingkungan Muhammadiyah tetap terus menghasilkan generasi pemenang di masa yang akan datang.

“Jadi panjenengan semua yang bergerak di dunia pendidikan temasuk di dunia kesehatan sebenarnya sedang mempersiapkan masa depan kita semua khususnya melahirkan generasi yang kuat, setidaknya yang kuat dihadapan Allah dan kuat menurut Allah,” ujar Gus Ipul.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk melahirkan generasi pemenang yang kuat, Gus Ipul memberikan 4 komponen penting yang perlu ditinjak lanjuti utamanya bagi yang bergelut di dunia pendidikan.

Pertama, memiliki kedekatan kepada Allah (spiritual happiness), kedua memiliki intellectual happiness.

“Kegiatan akademik kita itu pada dasarnya adalah untuk menghadirkan generasi yang memiliki skill, bisa menggunakan otaknya dan terampil,” ucap Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menjelaskan bahwa perlunya menanamkan generasi yang berakhlak baik pada orang tua, pada sesama, pada dirinya sendiri, juga pada lingkungan. Poin selanjutnya yaitu PhysicalHappiness, dimana generasi muda harus kita persiapkan agar sehat fisiknya, kesehatannya, tampilannya.

Selain itu, Gus Ipul juga menjelaskan rumus Pasuruan Kota Madinah (maju ekonominya, indah kotanya, dan harmoni warganya).

Sebelum berakhir, Gus Ipul melakukan penandatanaganan prasasti pengesahan Aula Khodijah yang menjadi tanda bahwa aula ini telah resmi dipergunakan untuk ruang serbaguna di satuan pendidikan SD Al Kautsar Kota Pasuruan.

Sementara itu, Kepala SD Al Kautsar Kota Pasuruan Suyatno, S.Pd menyampaikan bahwa Aula Khodijah ini merupakan gedung milik SD Al Kautsar Kota Pasuruan namun yang membangun adalah dari pihak yayasan.

“Aula ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan. Seperti hafalan quran, salat, pentas seni dan sebagainya,” ujarnya kepada Kabarpas.com.

Gedung ini berada di lantai II tepatnya di atas kantin sekolah. Ukurannya 19×12 m dan untuk fasilitasnya terdiri atas ruang audio, studio mini, panggung pentas, dan 2 kamar mandi, serta sarana-sarana lainya.

“Kepada semua pihak, terkhususnya para wali murid yang ikut serta mensukseskan pembangunan aula Khodijah ini. Semoga bisa bermanfaat dan pelayanan sekolah semakin lebih baik,” terangnya.

Untuk sekadar diketahui, peresmian yang juga silaturahmi keluarga besar Muhammadiyah Kota Pasuruan ini berlangsung dengan protokol kesehatan (prokes) yang cukup ketat. (adv).