Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 8 Jan 2024 20:10 WIB ·

Resik-Resik Terminal Wisata, Upaya Pemkot Pasuruan Wujudkan Pelayanan Prima Bagi Wisatawan 


Resik-Resik Terminal Wisata, Upaya Pemkot Pasuruan Wujudkan Pelayanan Prima Bagi Wisatawan  Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Semakin banyaknya warga luar kota mengunjungi Kota Pasuruan membuat terminal wisata semakin ramai untuk menjadi kawasan sentral parkir bagi bus pariwisata dan minibus / elf rombongan wisatawan yang berkunjung ke beberapa lokasi di Kota Pasuruan. Ini membuat Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) tergerak untuk menciptakan kondisi yang bersih, indah, tertib, dan nyaman bagi para wisatawan yang memanfaatkan fasilitas di terminal wisata yang terletak di Jalan Anjasmoro tersebut.

Pada Senin (8/1) pagi, Ia mengajak para PHL di lingkungan DPUPR, DPRKP, Dishub, serta DLHKP untuk melaksanakan resik-resik di kawasan terminal wisata. Tidak hanya para PHL, Gus Ipul juga mengumpulkan para pedagang yang berjualan di dalam terminal, penjaga toilet, serta petugas kebersihan mushola terminal untuk ikut serta dalam apel yang dilaksanakan sesaat sebelum kegiatan resik-resik dimulai.

”Sengaja saya kumpulkan hari ini agar kita semua sepakat untuk menciptakan lingkungan terminal wisata yang bersih. Beberapa waktu lalu saya mendapat laporan berupa video bahwa para wisatawan kurang mendapatkan layanan yang nyaman saat di terminal wisata’,’ ujar Gus Ipul saat membuka apel.

Beberapa hal yang menjadi catatan Gus Ipul mengenai kondisi terkini terminal wisata yaitu keberadaan toilet yang harus ditingkatkan lagi kebersihannya. Begitu juga dengan mushola yang idealnya harus selalu berada pada kondisi yang bersih agar wisatawan yang transit dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan nyaman.

Kepada para pedagang yang ikut serta dalam kegiatan ini, Gus Ipul juga berpesan agar mereka ikut andil dalam menjaga kebersihan terminal. Ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam memberikan pelayanan prima bagi wisatawan, terutama yang berbelanja di kios-kios yang ada di sekitar terminal.

”Yang sewa kios tolong juga ikut tanggung jawab membuat warunge bersih. Di sela-sela waktu jualan, iku nyapu dan ngepel di sekitar warungnya. Lek warunge bersih, Insya Allah rejekine nambah,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul juga bertekad untuk membuat terminal semakin tertib. Beberapa wacana ia lontarkan termasuk salah satunya mengintruksikan kepada dinas terkait dalam menyiapkan portal parkir.

”Petugas yang jaga di sini juga diperbanyak dan diperkuat. Penanggungjawab diperjelas. Kontrak dengan para penyewa kios juga harus diperjelas,” tegasnya.

Di akhir, untuk memperkuat komitmen bersama di antara para insan terminal wisata, Ia ingin jika ada hal yang tidak sesuai aturan yang telah disepakati, segera dilaporkan kepada pihaknya.

”Jika ada yang tidak disiplin, silahkan difoto atau divideo. Laporkan ke saya. Viralno cek kapok,” pungkasnya. (dit/gus).

Artikel ini telah dibaca 13 kali

Baca Lainnya

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Komisi II DPRD Trenggalek Soroti Minimnya Anggaran Belanja Publik

29 Februari 2024 - 21:11 WIB

GMNI Probolinggo Gelar Baksos di Panti Asuhan NU

29 Februari 2024 - 21:06 WIB

Trending di Kabar Probolinggo