Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 2 Jun 2015 15:39 WIB ·

Ratusan Warga Parasan Gelar Ritual Sya’banan di Danau Ranu Grati


Ratusan Warga Parasan Gelar Ritual Sya’banan di Danau Ranu Grati Perbesar

Grati (Kabarpas.com) – Bagi sebagian warga bulan Sya’ban memiliki makna tersendiri . Hal itu seperti yang dilakukan oleh ratusan warga Dusun Parasan, Kelurahan Grati Tunon, Kabupaten Pasuruan, yang menggelar ritual Sya’banan di Danau Ranu Grati. Bahkan, ritual ini sudah menjadi tradisi bagi warga setempat, yang berlangsung sejak lama.

“Ritual ini merupakan acara tahunan di tempat kami, yang sudah berlangsung selama lebih dari satu dasawarsa,” ucap sesepuh desa setempat, Mursim (60), saat ditemui Kabarpas.com di lokasi acara, Selasa (02/06/2015) sore.

Dijelaskan, ritual ini digelar dengan harapan agar hasil tambak warga setempat bisa melimpah. Sebab kata Mursim, dulu di daerahnya tersebut sering kali terjadi keanehan, di mana air di danau Ranu ini tiba-tiba berubah warna menjadi merah. “Jika hal ini terjadi, ikan-ikan keramba milik warga banyak yang mati. Dan kalau sudah seperti itu, biasanya pasti gagal panen,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa ada beberapa rangkaian kegiatan dalam ritual Sya’banan di desanya tersebut, diantaranya meliputi pembacaan istighosah, yasinan, dan tahlilan. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat Al Quran, setelah itu sejumlah ibu-ibu mengeluarkan sesembahan berupa hasil bumi, seperti buah-buahan, sayur-mayur, ternak, masakan tumpengan, bubur jenang merah, dan masing-masing satu ekor ayam serta bebek warna putih.

“Yang kami lakukan ini semata-mata sebagai doa kepada Yang Maha Kuasa agar warga dan pengunjung Danau Ranu Grati tetap selamat. Tak lupa, kami juga mohon kepada Allah SWT agar ikan-ikan warga tumbuh sehat dan bisa panen melimpah,” pungkasnya. (jon/sym).

Artikel ini telah dibaca 11 kali

Baca Lainnya

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Pemkab Probolinggo Sosialisasikan Fasilitasi HKI

6 Maret 2019 - 08:56 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA