Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Sosial & Budaya · 11 Sep 2014 14:46 WIB ·

Ratusan Siswa SD Ikuti Perkemahan Besar Penggalang Gerakan Pramuka


Ratusan Siswa SD Ikuti Perkemahan Besar Penggalang Gerakan Pramuka Perbesar

Bangil (Kabarpas.com) – Ratusan siswa SD/MI se-Kabupaten Pasuruan, mengikuti Perkemahan Besar Penggalang Gerakan Pramuka Tingkat wilayah setempat. Acara ini dipusatkan di Balai Pendidikan dan Latihan Kwartir Cabang Pasuruan, yang berada di wilayah Bangil.

Tasripin, Ketua Panitia Pelaksana Perkemahan Besar Penggalang Pramuka Kabupaten Pasuruan mengatakan, bahwa sasaran dari kegiatan ini ialah untuk menanamkan dan mengembangkan beberapa hal penting, yakni meliputi rasa cinta pada Tuhan Yang Maha Esa, rasa persahabatan/persaudaraan, serta mempertebal kepercayaan pada diri sendiri, maupun jiwa patriotisme untuk menggalang kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.

“Para pramuka penggalang atau mereka yang masih duduk di bangku sekolah dasar, dituntut untuk membiasakan hidup bersama, dan juga meningkatkan semangat gotong royong dengan sesama,” ujarnya kepada Kabarpas.com, Kamis, (11/09/2014).

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan itu mengatakan, kalau acara perkemahan tersebut, sejatinya sudah dilaksanakan sejak Selasa kemarin, (10/09/2014), dan akan terus berlangsung selama 3 hari berturut-turut, hingga tanggal 12 september 2014.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kalau kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 480 peserta yang terdiri dari regu putra dan putri. Para peserta itu, kata Tasripin akan mengikuti berbagai materi kegiatan, di antaranya pembuatan api unggun, anjangsana, pentas seni, sholat berjamaah, carnaval, permainan outbond, widya wisata, lomba menggambar, lomba synopsis, dan penyuluhan NAPZA dari Dinas Kesehatan maupun Polres Pasuruan.

“Kegiatan perkemahan besar ini merupakan ajang yang tepat, untuk bisa memberikan arahan kepada para generasi muda, terutama dalam hal menanamkan jiwa Pancasila ke dalam kehidupan mereka sehari-hari,” pungkasnya. (iim/uje).

 

Artikel ini telah dibaca 12 kali

Baca Lainnya

Cerdas Berdemo, Mahasiswa Harus Tingkatkan Reponsif Membaca dan Diskusi

27 September 2019 - 09:42 WIB

Resepsi HUT ke-41, FKPPI Probolinggo Bagikan Ratusan Sembako

12 September 2019 - 23:51 WIB

Opini : Impor Guru Sebagai Bentuk Penjajahan Baru?

15 Mei 2019 - 12:30 WIB

Empat SMP di Kabupaten Probolinggo Dinilai Tim Verifikasi Adiwiyata Jatim

27 April 2019 - 19:00 WIB

Pameran Expo Pembangunan Tampilkan Produk Unggulan UKM

27 April 2019 - 18:20 WIB

Ungkapan Rasa Syukur, Pemkab Probolinggo Tasyakuran dengan Potong Tumpeng

18 April 2019 - 17:22 WIB

Trending di Kabar Probolinggo