Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

KABAR NUSANTARA · 21 Jun 2019 19:52 WIB ·

Ratusan Dosen Tetap Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Ikuti Rekruitmen Calon Asesor BAN-PT


Ratusan Dosen Tetap Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Ikuti Rekruitmen Calon Asesor BAN-PT Perbesar

Reporter : Alip Nuryanto

Editor : Agus Hariyanto

 

Yogyakarta, Kabarpas.com – Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan tinggi dalam hal Akreditasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI bekerjasama dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyelenggarakan Rekruitmen Calon Asesor Keagamaan BAN PT di Yogyakarta, 20-22 Juni 2019.

“Pelaksanaan seleksi calon asesor keagamaan ini merupakan program pertama kali yang diselenggarakan oleh Kemenag,” jelas Arskal Salim, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, di Yogyakarta.

Menurutnya, seleksi ini dilakukan karena kurangnya asesor keagamaan yang dimiliki oleh BAN PT, sedangkan masih banyak program studi agama yang belum terakreditasi.

“Dengan penambahan asesor keagamaan ini kita berharap semoga seluruh perguruan tinggi di bawah Kemenag baik akreditasi Institusi maupun program studi bisa segera terakreditasi dengan cepat,” harapnya.

“Tugas asesor keagamaan selain melakukan asesmen terhadap usulan akreditasi saya juga berharap kedepan juga bisa melakukan pendampingan terhadap PTK dalam hal peningkatan mutu dan kualitas khususnya terkait dengan akreditasi,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa saat ini peningkatan mutu akreditasi mengalami peningkatan yang cukup baik, baik akreditasi institusi maupun program studi, dan Dirjen pendidikan Islam menaruh harapan besar terhadap hal ini.

“Saya berharap semua peserta bisa lulus dalam setiap tahap proses seleksi ini. Mari kita jaga integritas dan profesionalitas kita. Seluruh proses ini dilakukan sesuai dengan profesional dan proporsional,” tegasnya.

Sementara, Sugiyono, anggota Dewan Esekutif selaku penanggung jawab kegiatan dari BAN PT menyampaikan bahwa BAN PT saat ini membutuhkan Asesor Keagamaan untuk beberapa bidang ilmu Agama.

“Ada beberapa bidang ilmu agama yang minim Asesornya sehingga perlu ditambah guna mempercepat seluruh proses akreditasi baik institusi maupun program studi,” jelasnya.

Sugiyono menambahkan bahwa terdapat 336 dosen tetap PTKN dari 44 perguruan tinggi yang mendaftar untuk menjadi Asesor. Dari jumlah tersebut ada 100 peserta yang lulus seleksi administrasi.

Seleksi ini berlangsung selama 2 tahap, tahap pertama adalah test psikologi dan wawancara. Untuk bisa menjadi asesor seluruh peserta harus lulus 2 tahap ini.

“Calon yang telah lulus seleksi akan mengikuti pelatihan asesor, kemudian jika lulus pelatihan maka peserta akan mendapatkan nomor registrasi asesor BAN PT,” terang Sugiyono.

“Kami berharap para asesor ini nantinya bisa menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya. Tugas besar asesor yang tak kalah penting adalah membantu meningkatkan mutu lembaga masing-masing, jangan sampai bermanfaat untuk lembaga orang lain tapi tidak untuk lembaganya sendiri,” tambahnya.

Sugiyono sendiri merupakan Anggota Dewan Esekutif BAN PT dari Universitas Soedirman Banyumas.

Di sisi lain, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Dit. PTKI, Agus Sholeh menambahkan, untuk menjadi asesor ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu pertama, syarat kualifikasi (dosen, pendidikan doktor, berasal dari prodi terakreditasi A).

“Dan kedua adalah syarat kompetensi (Memiliki kompetensi sesuai bidang (subject matter), memiliki pengetahuan tentang manajemen PT, memeiliki kemampuan dan pengalaman terkait pengembangan dan implementasi sistem penjaminan mutu PT, mampu menggunakan komputer dan teknologi informasi dan komunikasi, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan), ketiga, syarat integritas (memiliki integritas yang tinggi),” tutupnya. (lip/gus).

Artikel ini telah dibaca 38 kali

Baca Lainnya

IPNU-IPPNU Diharapkan Jadi Pilar Terdepan Generasi Digital

2 Maret 2024 - 12:34 WIB

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

MTQ Dan Festival Seni Qasidah ke-55 Kecamatan Simpang Empat Resmi Ditutup

1 Maret 2024 - 19:21 WIB

Komunitas GUA Edukasi Anak-anak Kampung Sawah Tentang Pentingnya 3R

28 Februari 2024 - 17:55 WIB

Ini Catatan Guru Besar UIN Jakarta Soal KUA Sebagai Tempat Pelayanan Semua Agama

26 Februari 2024 - 08:02 WIB

AMSI Harapkan Perpres Publishers Rights Dorong Ekosistem Bisnis Media Jadi Lebih Baik

21 Februari 2024 - 08:37 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA