Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Berita Pasuruan · 13 Nov 2023 15:22 WIB ·

Ratusan Buruh Pabrik Nestle di Pasuruan Gelar Demonstrasi


Ratusan Buruh Pabrik Nestle di Pasuruan Gelar Demonstrasi Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Ratusan buruh menggelar aksi demo di pabrik Nestle, di Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, pada Senin (13/11/2023).

Buruh yang tergabung dalam berbagai aliansi ini menilai PT Nestle Indonesia Kejayan Factory telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PKH) secara sepihak.

Sekitar 300 lebih anggota serikat buruh menggeruduk pabrik susu Nestle Kejayan sejak pagi pukul 08.30 WIB. Demo dilakukan dua organisasi serikat buruh, yakni Serikat Buruh Nestle Indonesia Kejayan (SBNIK) dan Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM).

Mereka meneriakkan lantang orasi penolakan PHK kepada ratusan buruk yang dinilai dilakukan secara sepihak oleh manajemen pabrik Nestle Kejayan.

Mereka juga membawa sejumlah poster protes bertuliskan “Nestle Indonesia Stop Killing Jobs and Destroying Livelihoods Respect Human Rights” (Nestle Indonesia, Berhentilah Memangkas Pekerjaan dan Menghancurkan Mata Pencaharian, Hormatilah Hak Asasi Manusia), Save Our Jobs (Selamatkan Pekerjaan Kami), hingga Selamatkan Pekerjaan di Nestle.
Ahmad Fauzi, korlap aksi dari SBNIK, mengatakan bahwa ada sebanyak 126 buruh yang di-PHK oleh PT Nestle Indonesia Kejayan Factory.

PHK ini dinilai sepihak karena menurutnya tidak ada negosiasi sebelumnya dengan para buruh.

“Jadi dari perusahaan mem-PHK karyawan, anggota kita, 126 orang atas nama buruh kita inginnya tidak jadi ada PHK,” ujar Fauzi.

Fauzi menyebut bahwa PHK harusnya dilakukan melalui mekanisme voluntary atau sukarela. Namun, para buruh anggota SBNIK yang di PHK ini, dia sebut tidak diajak berdiskusi dan negosiasi, sehingga terkesan dipaksa.

“Harusnya tanpa paksaan tapi sukarela, kalau temen-temen tidak mau ya jangan dipaksa PHK, ” imbuhnya.

disampaikan Sigit Nugroho, Plt Sekretaris Umum (Sekkum) FSBMM Wilayah Timur.
Menurut Sigit, menyayangkan prosws PHK ratusan karyawan pabrik susu Nestle Kejayan yang dinilai secara sepihak.

Apalagi menurutnya, selama 35 tahun sejak pabrik Nestle Kejayan berdiri, baru kali ini terjadi pemberitahuan efisiensi secara mendadak.

“Jadi mulai mungkin seminggu lalu itu, secara bertahap 126 buruh itu dikasih surat pembebastugasan dari kewajiban bekerja, tanpa ada komunikasi lebih dulu, ngobrol-ngobrol dulu dengan serikat buruh,” pungkasnya.

Sementara itu, pihak manajemen pabrik PT Nestle Indonesia Kejayan Factory belum memberikan tanggapan terkait tudingan PHK sepihak tersebut. Sejumlah perwakilan aliansi buruh pabrik juga tengah melakukan mediasi dengan pihak manajemen pabrik olahan susu tersebut.

Artikel ini telah dibaca 31,680 kali

Baca Lainnya

Kembalikan Formulir Pendaftaran ke PKS, Rizky Sembada Baca Peluang Bacabup Trenggalek

23 Mei 2024 - 18:00 WIB

Dishub Lakukan Uji Emisi Gas Buang Alat Berat di PJB Paiton

23 Mei 2024 - 17:57 WIB

Kembalikan Formulir Pendaftaran ke PKB Trenggalek, Begini Kata Rizky Sembada

23 Mei 2024 - 08:05 WIB

Rizky Sembada Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacawabup ke PAN Trenggalek

22 Mei 2024 - 19:06 WIB

Lepas Ratusan Calon Jemaah Haji, Gus Ipul Titip Doa Agar Kota Pasuruan Diberikan Berkah

22 Mei 2024 - 13:17 WIB

MPMX Kembali Tanam 30 Ribu Bibit Mangrove

22 Mei 2024 - 13:08 WIB

Trending di Kabar Otomotif