Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 14 Jun 2024 19:29 WIB ·

Puncak Peringatan HLUN ke-28, Gus Ipul Dukung Lansia Sehat dan Mandiri


Puncak Peringatan HLUN ke-28, Gus Ipul Dukung Lansia Sehat dan Mandiri Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Sosial Kota Pasuruan menggelar puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-28 Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Kesenian Darmoyudo pada Jumat, (14/6/2024).

Hari Lansia Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 Mei kali ini mengusung tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.

Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul menyambut baik pelaksanaan Hari Lansia Nasional di Kota Pasuruan ini. Ia mengaku berbahagia menyaksikan para lansia yang sangat aktif meski di usia senja.

“Saya berbahagia melihat lansia kita yang sangat aktif. Terlebih, para lansia juga memberikan banyak masukan kepada TP PKK agar programnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan para lansia,” ujar Gus Ipul

Walikota Gus Ipul yang juga dinobatkan sebagai Kepala Daerah Peduli Lansia ini menyebutkan bahwa Pemkot Pasuruan terus berupaya meningkatkan kualitas hidup para lansia di masa tuanya, melalui berbagai program, regulasi dan pelayanan prima yang diberikan guna mendukung para lansia agar sehat, mandiri, berkarya dan inspiratif.

“Saya bersama Wawali Mas Adi mendukung program pro lansia lewat regulasi dan kegiatan-kegiatan yang mendorong agar lansia tetap sehat, mandiri, berkarya, dan menjadi inspirasi anak-anak muda. Meskipun kami memiliki keterbatasan, tetapi dengan semangat dan kerja bersama tidak ada yang tidak mungkin,” ujarnya

Gus Ipul juga menerangkan Pemkot Pasuruan  berfokus pada pembangunan pada disabilitas, perempuan dan anak serta lansia terlantar secara paripurna. Yang artinya, mereka tidak dibiarkan begitu saja, tetapi di arahkan untuk bisa mandiri bersama keluarga atau diserahkan kepada pihak yang berwajib.

“Ukuran Kota Pasuruan dapat disebut sejahtera adalah salah satunya jika lansianya juga sejahtera, jika kota kita maju maka lansianya harus maju, semua harus peduli lansai sebab kita pada akhirnya menjadi lansia,” ucap Gus Ipul

Gus Ipul menyebutkan peringatan Hari Lansia ini menjadi momentum yang luar biasa bagi para lansia di Kota Pasuruan. Dua kali berturut-turut Pemkot Pasuruan berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan yaitu dengan menjadi juara pertama sebagai Karangwerda tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Pada tahun 2023 Karangwerda Sumber Asih yang menjadi juara, dan tahun 2024 ini Karangwerda Untung Suropati mampu mempertahankan predikat itu. Semua pencapaian ini merupakan hasil kerja keras kita semua,” jelas Gus Ipul

Lanjutnya, Gus Ipul menegaskan bahwa persoalan lansia tidak hanya menjadi kepentingan Dinas Sosial saja, melainkan menjadi urusan bersama. Untuk itu, Gus Ipul meminta seluruh perangkat daerah mempertimbangkan kesejahteraaan lansia dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Contohnya dalam pelayanan Dispendukcapil dan RSUD dr. R. Soedarsono, harus ada layanan khusus bagi para lansia. Jadikan lansia ini sebagai prioritas dan secepat mungkin ditangani, juga ada jalur khusus dalam pengurusan KTP, itulah bagian dari dukungan kita bersama,” kata Gus Ipul

Dengan semangat yang luar biasa, Gus Ipul mengajak untuk merayakan hari lanjut usia nasional dengan penuh khidmat dan rasa syukur. Ia meyakini bahwa warga lansia di Kota Pasuruan dapat berkiprah lebih baik untuk mengisi masa tuanya.

“Selamat hari Lansia, semoga sejahtera untuk kita semua. Terimakasih kepada Dinsos, Camat, Lurah, seluruh perangkat daerah, pengurus karang werda dan seluruh pihak yang telah peduli terhadap lansia dan memberikan dukungan dalam mensukseskan kegiatan guna kesejateraan para lansia,” terangnya.

Ratusan lansia di Kota Pasuruan tampak penuh semangat dan bergembira menyemarakkan kegiatan ini yang dimeriahkan dengan menampilkan berbagai pentas seni seperti pencak silat, paduan suara, tari remo, fashion show, dan penampilan seni lainnya serta kegiatan masak-memasak untuk mempererat kebersamaan. Tak hanya itu, pada kegiatan ini juga disediakan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia.

Turut hadir Wakil Walikota Pasuruan, Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Wakil Ketua I TP PKK Kota Pasuruan, Wakil Ketua II TP PKK Kota Pasuruan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kota Pasuruan, Kepala Perangkat daerah terkait, Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. (ajo/gus).

Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Dewan Pertimbangan MUI Kabupaten Pasuruan Ajak Ormas Islam Serukan Bahaya Judi Online

24 Juli 2024 - 18:50 WIB

Gus Ipul Ajak Kepala Sekolah hingga Orang Tua Deklarasi Sekolah Aman 

24 Juli 2024 - 12:41 WIB

MPM Honda Jatim Kenalkan #cari_aman Pada Guru PG TK 

24 Juli 2024 - 11:38 WIB

Diperta Probolinggo Gelar Bimtek Peningkatan Kualitas Bahan Baku Tembakau Melalui GHP

24 Juli 2024 - 08:29 WIB

Peringati HAN, RSUD Waluyo Jati Berikan Penyuluhan dan Pola Asuh Anak

23 Juli 2024 - 21:16 WIB

Dua Komplotan Maling Spesialis Mobil Pikap di Pasuruan Ditangkap

23 Juli 2024 - 20:31 WIB

Trending di Berita Pasuruan