Puluhan Warga Kesusahan Air Bersih, Satlantas Polres Probolinggo Turun Tangan

Probolinggo, kabarpas.com – Warga Desa Tandon Sentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo kesulitan air bersih. Untuk mendapatkanya mereka harus menempuh jarak kurang lebih sejauh 7 kilometer.

Susiani, warga setempat mengatakan, sekitar 3 tahun ini air bersih di desa ini susah , karena saluran air dari mata air Gunung Bromo semakin hari semakin menipis. Air merupakan kebutuhan pokok masyrakat di sini dan mereka mencarinya hingga ke desa tetangga.

“Untuk air bersih buat minum biasanya ke lumbang , jaraknya sekitar 7 kilo , sedangkan untuk mandi ke mata air sungai jaraknya sekitar 1 kilo meter,” ujar Susiasni. Sabtu (24/9/2022).

Susiani menambahkan, bahkan semalam ada orang meninggal, dan masyrakat bergotong royong mencari air dan dikumpulkan di rumah duka untuk digunakan memandikan jenazah.

Mengetahui kondisi tersebut, Satlantas Polres Probolinggo respon cepat menggelontor air bersih ke desa tersebut. sebanyak 4 ribu air bersih didistribusikan ke masyrakat, rumah duka, dan masjid.


“Ini hanya sebagai ihktiar kecil kami ( Satlantas Polres Probolinggo ) untuk membantu beban masyarakat termasuk air bersih ini,“ ujar AKP M Sapari Kasatlantas Polres Probolinggo.

Lebih lanjut Ia menambahkan, bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke 67, Selain mendistribusikan air bersih, Satlantas Polres Probolinggo juga membagi ratusan sembako Kepada masyarakat.

“Bantuan ini semoga bermanfaat, kedepan kita akan koordinasikan dengan isntansi samping agar beban masyrakat terbantukan . sepeti yang kita lakukan saat ini polres probolinggo bekerja sama dengan PDAM setempat,” pungkasnya. (wil/ida).