Puluhan Kades Terpilih Akan Dilantik Sebelum Akhir Tahun

Pasuruan (Kabarpas.com) – Puluhan kepala desa (cakades) yang terpilih pada Pilkades serentak 28 November lalu, dijadwalkan akan segera dilantik. Pelantikan tersebut rencanananya akan dilaksanakan sebelum akhir tahun 2015.

“Sebagaimana jadwal yang ada rencananya sebelum akhir tahun ini, mereka sudah harus dilantik,” ujar Ridho Nugroho, Kasubag Otodes pada Bagian Pemerintahan, Kabupaten Pasuruan. Rabu, (16/12/2015).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan rencana pelantikan tersebut. Selain itu, Ridho menambahkan bahwa persyaratan administrasi berupa laporan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari masing-masing desa, terkait usulan kepala desa yang terpilih sudah masuk ke pihaknya.

Selanjutnya laporan dari masing-masing BPD tersebut, akan ditujukan kepada Bupati Pasuruan. Bahkan, ia mengaku, kalau saat ini pihaknya sedang membuat surat keputusan (SK) untuk pelantikan 49 kepala desa tersebut. “Untuk usulan dari BPD masing-masing desa sudah masuk semua,” imbuhnya.

Di sisi lain, Ridho mengungkapkan, dari 49 calon kepala desa (kades) yang terpilih, sembilan diantaranya merupakan kades yang terpilih kembali atau berstatus Incumbent. Sedangkan 40 kepala desa lainnya merupakan wajah-wajah baru.

“Rata-rata calon kades yang terpilih pada pilkades serentak 28 November lalu merupakan wajah baru. Hanya ada 9 orang kades yang merupakan incumbent,” pungkasnya. (jon/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *