Provokator Penyebar Poster Demo Tolak PPKM Darurat di Pasuruan Ditetapkan Jadi Tersangka

Pasuruan, Kabarpas – Pihak kepolisian Polres Pasuruan Kota memburu pelaku provokator penyebar poster ajakan demo tolak PPKM Darurat di Pasuruan yang sempat bikin gaduh wilayah setempat. Alhasil, seorang pria berinisial asal AH warga Sekaran, Desa Wonojati, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan langsung ditangkap.

“Yang bersangkutan (tersangka.red) sudah kami amankan, karena terbukti sebagai orang yang menyebarkan di media sosial pamflet provokasi demo tolak PPKM Darurat,” ujar Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto. Rabu (21/7/2021).

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (15/7/2021) lalu ratusan pemuda di wilayah setempat diamakan petugas kepolisian lantaran bikin gaduh, dengan melakukan aksi tolak PPKM Darurat serta merusak satu pos polisi di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota.

“Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengumpulan barang bukti lengkap, AH kami tetapkan menjadi tersangka,” sambung AKP Endy.

Usai ditetapkannya AH sebagai tersangka, polisi menjerat AH dengan pasal dugaan tindak pidana menghasut dengan lisan atau tulisan di muka umum, serta untuk melakukan tindakan pidana dan atau paksaan dan perlawanan, berdasarkan Pasal 211 dan Pasal 212.

“Selain itu tersangka juga disangkakan telah bersekutu dan atau bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang atau barang, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 214 KUHP, dan atau Pasal 170 KUHP jo Pasal 84, dan atau Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2018. Dan hukumannya maksimal 6 tahun penjara,” pungkasnya. (emn/tin).