Polres Probolinggo Musnahkan Ribuan Miras Berbagai Jenis

Probolinggo (Kabarpas.com) – Sebagai salah satu simbol perang melawan miras, yang biasanya meningkat pada saat ramadan. Ribuan botol minuman keras (Miras) dari berbagai jenis itu dimusnahkan oleh Polres Probolinggo, Jumat (03/06/2016).

Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syariffudin mengatakan, mendekati ramadan biasanya memang terjadi peningkatan penjualan miras. Terutama di sekitar Kabupaten Probolinggo. “Jumlahnya ada sekitar 1200 botol miras yang kami musnahkan. Itu semua merupakan barang bukti yang sebelumnya kami sita dari berbagai lokasi,” ujar Kapolres.

Perwira dengan dua melati di pundak ini menyebut, pihaknya telah menetapkan operasi berantas miras. Yakni, mulai dari pengecer, penimbunan atau gudang, hingga pengoplos atau peracik miras. Ada beberapa target operasi yang telah ditetapkan. Hal itu, mengacu pada perda nomor 03 tahun 2014 tentang peredaran miras. Walaupun, hukuman yang diberikan hanya tindak pidana ringan (tipiring). Yakni penjara selama tiga bulan.

“Dan apabila pengoplos miras sampai menyebabkan kematian, maka akan berhadapan dengan hukum pidana. Untuk satu kematian, pasal yang dikenakan pada pelaku. Adalah 338, UU nomor 81 tahun 1981 tentang minuman keras. Jika sampai menyebabkan kematian kelompok, pasal yang dikenakan adalah 340, undang-undang yang sama,” pungkasnya. (sam/gus).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *