Pol PP Kota Probolinggo Amankan ODGJ yang Ngamuk Lempari Warga

Reporter : Moch Wildanov

Editor : Titin Sukmawati

Probolinggo, kabarpas.com – Satpol PP Kota Probolinggo berhasil mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang mengamuk dan serang warga di permukiman padat penduduk di kawasan Susuhan, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Selanjutnya ODGJ yang sering meresahkan bahkan melukai warga ini diserahkan ke Dinas Sosial untuk ditindak lanjuti.

Seorang warga bernama Abdul Rahman menceritakan, peristiwa ini terjadi di dekat rel Kereta Api, terminal lama, saat itu ada 2 orang yang terluka dilempar orang gila tersebut. 2 korban luka memar dan robek di bagian kepala akibat dilempar batu.

“Warga takut karena orang gila melempar warga, dan ada 2 orang terluka,” ujar Rahman kepada wartawan Kabarpas.com biro Probolinggo. Senin (22/2/2021).

Karena warga takut, lanjut Rahman kemudian warga melapor kejadian tersebut ke Satpol PP. “Ada warga yang lapor Pol PP dan dengan cepat petugas datang. Sehingga orang gila berhasil diamankan. Terima kasih Pol PP,” tambahnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Probolinggo Agus Effendi menjelaskan bahwa itu sudah menjadi tugas pihaknya dalam melindungi masyarakat dari gangguan ketertiban dan keamanan, termasuk ancaman ODGJ ini. Begitu mendapat laporan anggotanya langsung ke TKP, namun sasaran yang dimaksud nihil. Setelah ditelusuri sasaran ditemukan agak jauh dari terminal lama dan berhasil diamankan.

“Sempat terjadi kejar-kejaran, namun akhirnya berhasil kita amankan,” terang Agus.

Agus Effendi menambahkan diharapkan peran aktif masyarakat segera melapor ke 112 agar gangguan ketertiban dan kemananan seminimal mungkin bisa terselesaikan. Diakui, sejak pandemi Covid-19 pengaduan masyarakat tentang gangguan orang gila meningkat.

“Sejak pandemi gangguan orang gila meningkat, dan 2 pekan terakhir ini sudah ada 6 laporan orang gila depresi mengamuk,” pungkasnya. (Wil/Tin).