Pohon Tua Roboh Akibat Hujan Deras, Puluhan Personil Dikerahkan

Probolinggo, kabarpas.com – Hujan deras selama 2 jam, mengakibatkan pohon berumur puluhan tahun, milik Binar (50) warga Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo roboh. Jumat (25/11/2021). Pohon jenis mangga roboh nyaris menimpa rumah. Tak ayal, puluhan personil  gabungan dari BPBD, DLH, Tagana dikerahkan untuk membersihkan ranting pohon.

Pemilik rumah Binar mengatakan, saat itu hujan deras, dan tiba-tiba akar pohon terangkat kemudian roboh. Beruntung tidak ada korban dan kemudian kejadian ini dilaporkan ke BPBD.

“Hujan deras, kemudian pohon tersebut tiba-tiba roboh, tidak ada korban jiwa. Istri saya saat itu berada di dalam rumah bagian depan, dan pohon yang roboh di bagian rumah yang dibelakang,” ujar Binar.

Binar menambahkan, pohon roboh nyaris menimpa rumahnya, dan ada beberapa genting rusak mungkin terkena ranting pohon.

Kalaksa BPBD Kota Probolinggo, Sugito Prasetyo menjelaskan, saat itu memang hujan deras di Kota Probolinggo ada 3 pohon tumbang, di antaranya adalah di Kelurahan Wiroborang, Curah Grinting, dan Sukoharjo. Petugas yang mendapat segera mendatangi lokasi dan melakukan assesment.

“Dikerahkan sekitar 30 personil dari BPBD, DLH, TNI Polri dan relawan untuk membersihkan ranting Pohon,” ujar Sugito.

Pohon roboh di Wiroborang lanjutnya, lokasinya sempit, sehingga petugas harus menggunakan Crane dari DLH.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun pohon tumbang ini ada yang menimpa atap rumah dan mobil,” lanjutnya.

Sugito berpesan, saat ini musim hujan intensitas tinggi, masyarakat yang memiliki pohon di dekat rumah hendaknya dipangkas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Saat ini curah hujan tinggi, masyarakat harus hati-hati, bila ada yang memiliki pohon besar di rumahnya hendaknya segera dipangkas,” pungkasnya. (pj/ida).