Petani Asal Gondangwetan Pasuruan Luncurkan Mesin Tani Modern

Pasuruan, Kabarpas.com – Sebuah terobosan dilakukan oleh Zainul Alim seorang petani asal Desa Wonosari, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Ia mengenalkan sebuah mesin tani modern yakni berupa traktor dengan kendalo remote kontrol yang bisa dikendalikan dengan jarak hingga 1 kilometer.

Tak hanya itu, ia juga menciptakan berbagai alat dan mesin pertanian (alsintan) modern berbasis teknologi. Seperti rice transplanter untuk menanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak, dan kondisi penanaman yang diseragamkan.

“Selama ini para petani kerap kali menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan SDM, bibit dan pupuk. Dari situlah saya kemudian terdorong untuk menciptakan terobosan membuat alsintan modern,” ujar kepada Kabarpas.com saat uji coba alat ciptaannya berupa traktor menggunakan remote kontrol yang langsung ia praktekkan di sebuah persawahan yang ada di wilayah setempat.

Sementara itu, Andri selaku Manager Pemberdayaan Pusat LMI mengatakan, selain memberikan modal usaha produktif bagi kelompok pertanian, Laznas LMI juga akan mengadakan bimbingan terkait pertanian terpadu tentunya dengan bersinergi dengan tenaga-tenaga pertanian lokal.

“Sehingga dapat tercipta komponen-komponen Kerjasama yang saling menguntung utamanya dalam menumbuh kabaikan kepada masyarakat ”. pungkasnya. (ajo/gus).