Pemkot Pasuruan Terapkan Tatanan Menuju New Normal

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan mulai menerapkan tatanan menuju New Normal. Bahkan, untuk mendukung pelaksanaan penerapan new normal itu, Pemkot setempat mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 35 Tahun 2020, yang sejak hari ini mulai dilaksanakan.

“Dengan diterbitkannya Perwali ini, agar senantiasa bisa dipatuhi oleh seluruh warga Kota Pasuruan,” ujar Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo saat mengelar konferensi pers, Kamis (9/7/2020).

Dijelaskan, dalam Perwali tentang Pedoman Hidup Bersih Sehat Disiplin dan Produktif Pada Pademi Covid-19 Menuju Tatanan Normal Baru ini, menyangkut seluruh kegiatan masyarakat Kota Pasuruan, dan tetap mengacu pada protokol kesehatan, sesuai anjuran pemerintah yakni social distancing dan physical distancing.

“Bagi yang mau membuat kegiatan silakan, asal tetap menggunakan protokol kesehatan. Sebab kalau dilangar akan ada sanksi khusus buat yang bersangkutan,” ujar Teno dengan nada tegas.

Menurut Teno, dengan pemberlakuan new normal ini tidak serta merta membuat warga melakukan aktivitas tanpa mematuhi aturan. Karena tatanan new normal sendiri yaitu bersama-sama mencegah wabah Covid-19.

“Dengan adanya new normal ini, kita berharap warga patuh dan sadar untuk bersama menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokoler kesehatan di mana pun berada, dengan tetap memakai masker di luar rumah, cuci tangan dengan sabun, untuk jaga jarak dan tidak berkerumun,” terangnya.

Di sisi lain, dalam konfernsi press ini dihadiri oleh Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman, Dandim 0819 Pasuruan, Letkol Arh Burhan FA, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pasuruan, Mohammad Soffan, Kepala Dinas Kominfo Kota Pasuruan, Koko Ari, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot Pasuruan

“Kami akan tetap melakukan pengawasan masif, persuasif, namun tetap tepo seliro,” tutup Mas Teno sapaan akrab Plt Walikota Pasuruan tersebut. (ajo/gus).