Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Pasuruan · 3 Apr 2024 10:05 WIB ·

Pemkot Pasuruan Musrenbang RPJPD


Pemkot Pasuruan Musrenbang RPJPD Perbesar

Pasuruan, Kabarpas.com – Pemkot Pasuruan menggelar musrenbang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD). Bertempat di hall RM Kebon Pring, musrenbang ini mempoyeksikan rencana pembangunan Kota Pasuruan 20 tahun kedepan (2025-2045)

Musrenbang ini bertujuan membahas rancangan RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 dalam rangka penajaman visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD. Antusiasme terhadap arah pembangunan Kota Pasuruan dalam menyongsong Indonesia emas di tahun 2045 pun terlihat dari para peserta musrenbang yang terdiri dari Forkopimda, jajaran perangkat daerah, tokoh masyarakat, akademisi, asosiasi usaha, dan perwakilan berbagai kelompok masyarakat serta pemangku kepentingan ini.

Wali Kota Pasuruan, Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang turut menghadiri musrenbang, menyatakan bahwa Ia sangat antusias mengikuti kegiatan ini sebagai bagian dari upaya memberikan legacy (warisan) bagi Kota Pasuruan selama dipimpin olehnya bersama Wawali Adi Wibowo.

Menurutnya, merancang RPJPD membutuhkan proses yang panjang dengan mengakomodasi pendapat dan usulan berbagai kalangan. Selain itu, RPJPD harus merujuk pada arah pembangunan nasional dan propinsi.

“Mewujudkan Kota Pasuruan maju, harmoni, dan berkelanjutan tahun 2045 merupakan sumbangsih menuju Indonesia emas 2045” ujarnya.

Kemudian Gus Ipul menjabarkan bahwa RPJPD Kota Pasuruan 2025-2045 tegak lurus dengan cita-cita nasional dan propinsi Jawa Timur.

“Kita juga harus adaptif dan mampu menjawab tantangan serta dinamika pembangunan 20 tahun kedepan” yakin Gus Ipul.

Kemudian, hal yang tak kalah penting Ia sampaikan adalah bagaimana melibatkan kalangan anak muda dalam pembangunan. Menurut Gus Ipul, kalangan milenial dan Gen Z merupakan pemegang tongkat estafet pembangunan pada 2045 mendatang.

“Harus diadaptasi oleh semua perangkat daerah. Libatkan anak muda. Ajak mereka untuk memberikan warna dalam pembangunan,” tegasnya

Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan bahwa RPJPD ini haruslah menjadi pedoman bagi Wali Kota Pasuruan di masa mendatang dalam melaksanakan program pembangunan.

“RPJPD ini akan menjadi pedoman, siapapun Wali Kotanya dalam setiap periode hingg 2045. Memimpin Kota Pasuruan yang tantangannya tinggi. Harus mau berkorban” ucapnya

Gus Ipul lalu memungkasi sambutannya dengan menjabarkan visi Kota Pasuruan 20 tahun kedepan antara lain, SDM unggul mencapai generasi emas, kemiskinan tuntas dan ketimpangan ditekan, mewujudkan birokrasi kelas dunia, ekonomi progresif dan pendapatan perkapita meningkat, serta infrastruktur mantap dan lingkungan lestari.

“Semoga pelaksanaan musrenbang di bulan Ramadan ini mendapat keberkahan dalam upaya mendukung mewujudkan Indonesia emas di Kota Pasuruan. Mari kita sama-sama perbaiki kekurangan, dan kedepan pembangunan lebih fokus untuk memajukan kota dan menyejahterakan masyarakat,” pungkasnya. (ajo/gus).

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

MPM Honda Jatim Ajak Kartini Masa Kini & Masa Depan #Cari_aman Berkendara

20 April 2024 - 14:05 WIB

Halal Bihalal Bani PBNU

20 April 2024 - 13:48 WIB

Peringatan Harjakapro ke-278, Pj Ugas Ajak Masyarakat Mengenang Sejarah Kabupaten Probolinggo yang Bermula dari Kerajaan Majapahit

20 April 2024 - 13:14 WIB

Ribuan Warga Nikmati Balik ke Tempat Kerja dengan Fasilitas Transportasi Gratis dari Kemenag

20 April 2024 - 12:45 WIB

#Cari_Aman Berkendara Saat Arus Balik. Perhatikan Hal Ini

19 April 2024 - 15:06 WIB

Refleksi 7 Tahun AMSI Berkarya

18 April 2024 - 16:01 WIB

Trending di KABAR NUSANTARA