Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Politik & Pemerintahan · 21 Agu 2015 06:26 WIB ·

Pemkot Pasuruan Gandeng USAID Bangunkan IPAL Untuk Masyarakat Kelas Bawah


Pemkot Pasuruan Gandeng USAID Bangunkan IPAL Untuk Masyarakat Kelas Bawah Perbesar

Pasuruan (Kabarpas.com) – Untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang sehat. Pemerintah Kota Pasuruan bekerjasama dengan Pemerintah Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID), memberikan bantuan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), untuk warga Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

Ipal untuk masyarakat yang disebut dengan ipal komunal tersebut, dibangun dengan ukuran 3X20 meter dengan kedalaman 4 meter. Ipal komunal itu bisa digunakan untuk menampung kotoran dari 100 rumah atau keluarga yang berada di daerah setempat.

“Pembangunan ipal komunal ini juga mengajak masyarakat untuk bisa hidup dengan lingkungan yang jauh lebih sehat. Tidak jorok dengan membuang air besar (BAB) di sembarang tempat,” kata Wali Kota Pasuruan Hasani kepada Kabarpas.com saat ditemui di lokasi, Jumat (21/08/2015).

Dijelaskan, kalau saat ini telah dibangun sebanyak 10 ipal komunal. Selain itu, juga dibangun septitank komunal yang dapat menampung limbah manusia untuk kapasitas enam rumah/keluarga dengan jumlah sebanyak 100 unit, serta pembangunan MCK komunal sebanyak 30 unit.

“Dengan adanya pembangunan ini perilaku masyarakat Kota Pasuruan dibanding 10 tahun yang lalu, terutama di daerah pinggiran, sudah jauh lebih sehat. Seperti di kawasan pesisir pantai, mereka sudah tidak lagi buang air besar (BAB) sembarangan. Meski masih ada satu-dua orang, tapi jumlahnya terus berkurang,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Sementara itu, Direktur Kantor Lingkungan USAID Indonesia John F Hanson menyampaikan, bahwa kegiatan mereka itu ialah untuk mendukung perbaikan kualitas lingkungan hidup masyarakat. Terutama masyarakat kelas bawah.

“Ini sangat penting, karena dengan kualitas hidup yang lebih baik dan sehat akan mengurangi diare yang sering menyerang masyarakat kelas bawah. Serta ibu yang sedang mengandung juga akan terjamin kandungannya,” kata John kepada Kabarpas.com.

Ia menambahkan, kalau investasi yang dilakukan pihaknya dengan pembangunan ipal komunal ini, memang tidak bisa dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Namun, dengan adanya sarana tersebut, akan bisa mempengaruhi gaya hidup masyarakat untuk lebih sehat.

“Dengan lingkungan yang sehat, ketersedian air bersih juga akan makin mudah didapatkan. Dan masyarakat pun nantinya akan merasakan manfaatnya,” pungkasnya. (ajo/sym).

Artikel ini telah dibaca 16 kali

Baca Lainnya

Jalan Menuju MBK Bakal Dipoles, Pemkot Blitar Siapkan Dana Rp15 M

29 Juni 2024 - 15:14 WIB

PKS Trenggalek Bagikan 86 Hewan Kurban Pada Idul Adha 2024

17 Juni 2024 - 17:35 WIB

Pemkab Trenggalek Gelar MUF ON, Begini Kata Kadis Kelautan dan Perikanan

5 Juni 2024 - 21:55 WIB

Pemkab Trenggalek Manjakan Pengunjung Pasar PON dengan Kran Air Langsung Minum

5 Juni 2024 - 10:34 WIB

PKS Trenggalek Siapkan Bacalon untuk Pilkada 2024

3 Mei 2024 - 12:44 WIB

Begini Kriteria Calon Wakil Bupati Tenggalek yang Dicari PDI-P

17 April 2024 - 21:25 WIB

Trending di Kabar Terkini