Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Kabar Probolinggo · 13 Jan 2024 15:28 WIB ·

Pemkab Probolinggo dan Kementerian PUPR Teken BASTO Kegiatan ITDP Komponen 2 Cipta Karya


Pemkab Probolinggo dan Kementerian PUPR Teken BASTO Kegiatan ITDP Komponen 2 Cipta Karya Perbesar

Probolinggo, Kabarpas.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI melakukan penandatanganan (teken) Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) pelaksanaan kegiatan Indonesia Tourism Development Project (ITDP) komponen 2 Cipta Karya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru (BTS) Tahap I di Seruni Point dan Cemoro Lawang Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura.

Penandatanganan BASTO ini dilakukan oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto dan Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR RI Pandu Gunadi.

Turut mendampingi Pj Sekda Heri, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dewi Korina, Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Bambang Heriwahjudi, Plt Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Roby Siswanto, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Saiful Farid Cahyono Bhakti dan Camat Sukapura Saiful Hidayat.

Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR RI Pandu Gunadi meminta agar apa yang sudah dibangun oleh Kementerian PUPR ini bisa bermanfaat dan dikelola dengan baik. “Harapannya bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan penyerahan sementara ini dilakukan agar Pemkab Probolinggo sudah bisa mengelola dan merawat Terminal Seruni Point hingga pada saatnya nanti penyerahan Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian PUPR RI.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Probolinggo saya menyampaikan terima kasih. Selanjutnya tentu pihak Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan menjaga amanah ini dengan mengelola dan merawat dengan baik, demi menunjang dunia kepariwisataan, peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan perekonomian masyarakat,” katanya.

Sedangkan Plt Kepala Disporapar Kabupaten Probolinggo Bambang Heriwahjudi menyampaikan pasca BASTO akan ada pembicaraan yang lebih teknis tentang pengelolaan dan perawatan.

“Dengan demikian, Terminal Seruni Point dapat membawa manfaat secara ekonomi dari sektor kepariwisataan, tanpa melupakan ekosistem/lingkungan (bersih/tidak kumuh), pemberdayaan masyarakat sekitar dan tetap menjaga serta melestarikan kearifan lokal,” ungkapnya.

Sebelumnya pada Kamis (11/1/2023), Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si. duduk bersama dan audiensi sekaligus cek bangunan di Terminal Seruni Point dan Jembatan Kaca bersama Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Kementerian PUPR, Tokoh Adat Masyarakat Tengger Supoyo, OPD terkait, Forkopimka Sukapura dan Kepala Desa Ngadisari. (len/gus).

Artikel ini telah dibaca 10 kali

Baca Lainnya

M Firman Taufik Terpilih sebagai Ketua Umum Himpuh Periode 2024-2028

1 Maret 2024 - 19:25 WIB

Disporapar Probolinggo Berikan Sosialisasi Pendaftaran HKI

1 Maret 2024 - 19:07 WIB

Layar Drama Indonesia Terbaru RCTI, Cinta Berakhir Bahagia Segera Tayang!

1 Maret 2024 - 15:06 WIB

Komisi IV DPRD Trenggalek Gelar Raker Bersama OPD Mitra Bahas Pelaksanaan APBD 2024

1 Maret 2024 - 08:13 WIB

Ini Pesan Pj Bupati Ugas Saat Lantik 14 Pejabat Eselon III

1 Maret 2024 - 08:04 WIB

Caleg PKS Komarudin Ajukan Nota Keberatan Pelaksanaan PSU ke Bawaslu

29 Februari 2024 - 21:15 WIB

Trending di Kabar Terkini