Menu

Mode Gelap
Wujudkan Mimpi Pebasket Muda Jatim, MPM Honda Jatim Gelar Honda DBL 2023 East Java Series Dukungan Mas Dion Maju Cabup Pasuruan 2024 Kian Masif

Politik & Pemerintahan · 26 Jan 2015 17:32 WIB ·

Pemkab Pasuruan Akan Bentuk Kawasan Tretes Jadi Wisata Keluarga


Pemkab Pasuruan Akan Bentuk Kawasan Tretes Jadi Wisata Keluarga Perbesar

Panggungrejo (Kabarpas.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) setempat, akan bentuk kawasan Tretes menjadi wisata keluarga.

Hal itu seperti yang disampaikan Trijono Isdijanto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Ia mengatakan, kalau kecamatan Prigen memiliki banyak potensi pendukung untuk menuju Kawasan Wisata Keluarga, diantaranya udara bersih dan segar serta panorama alam yang indah, infrastruktur yang mendukung, sarana transportasi yang memadai, tersedianya penginapan dan kuliner yang bervariasi, serta akses kemudahan menuju ke lokasi itu sendiri.

“Tretes memiliki potensi wisata alam yang luar biasa, mengingat posisinya di lereng Gunung Arjuno dan Welirang. Penduduknya juga masih didominasi oleh kalangan menengah ke bawah, dan yang paling utama ialah karena  memiliki banyak pilihan villa ataupun hotel yang sangat menunjang untuk kegiatan wisata,” ujar Trijono kepada Kabarpas.com, saat ditemui di kantornya, Senin siang (26/01/2014) tadi.

Ia menambahkan, bahwa dari semua potensi pendukung tersebut, pihaknya merencanakan pada tahun 2018 nanti akan mengubah kawasan itu menjadi kawasan wisata keluarga.

Dijelaskannya, kalau konsep wisata keluarga yang ia maksud itu di dalamnya akan tersedia Recreational Park atau Wahana Rekreasi yang memiliki sarana mainan air dan alam, sarana olahraga, serta sarana gardu pandang dengan teleskop tele.

“Selain itu kawasan ini akan mempunyai kebun bunga yang sangat lengkap, ditambah dengan pasar buah dan wisata seni budaya. Dulu Prigen pernah memiliki sebuah gedung yang dinamai The Window of the World. Dari situlah, kami ingin menghidupkan wilayah ini dengan sebesar-besarnya, melalui publikasi sebanyak-banyaknya,” terangnya kepada Kabarpas.com.

Oleh karena itulah kata Trijono, tahun ini pihaknya akan melakukan kajian dengan Bappeda Kabupaten Pasuruan perihal design dan pola pembangunan kawasan wisata keluarga. Selain itu, seluruh elemen masyarakat terkait akan dilibatkan, seperti Persatuan Hotel dan Resort Indonesia (PHRI), Kominfo, Koperasi, Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Pasuruan,Travel Agent, Disperindag, Badan Perijinan Penanaman Modal, Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Pengusaha hingga Kamar Dagang Industri (KADIN).

“Masih melekatnya image kawasan ini sebagai kawasan seksual itulah yang menjadi PR yang harus segera dituntaskan. Semua masyarakat di wilayah ini harus menyatukan pikiran demi menjadikan wilayah ini sebagai kawasan wisata keluarga,” pungkasnya. (iim/uje/ajo).

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

PKS Trenggalek Siapkan Bacalon untuk Pilkada 2024

3 Mei 2024 - 12:44 WIB

Begini Kriteria Calon Wakil Bupati Tenggalek yang Dicari PDI-P

17 April 2024 - 21:25 WIB

Pastikan Kelancaran Pelayanan, Bupati Blitar Lakukan Inspeksi Mendadak ke Dinas Kesehatan

16 April 2024 - 17:43 WIB

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Wabup Asahan Sidak Pasar Pantau Harga

3 April 2024 - 23:00 WIB

Asyik, Ribuan PTK Non ASN di Kota Blitar Dapat Bingkisan Lebaran dari Walikota Blitar

31 Maret 2024 - 14:44 WIB

Pembangunan Tahap Dua Alun-alun Kota Blitar Segera Dimulai, Alokasi Anggaran Capai Rp 1,5 M

30 Maret 2024 - 15:32 WIB

Trending di Kabar Terkini